Sepeda Motor Diklaim Jadi Alat Transportasi Paling Aman Selama Pandemi Covid-19

Kompas.com - 29/11/2020, 18:31 WIB
Ilustrasi motor matik di genangan air motroad.comIlustrasi motor matik di genangan air
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Suatu hasil studi mengungkapkan bahwa sepeda motor merupakan moda transportasi paling aman untuk digunakan selama pandemi virus corona alias Covid-19.

Hal ini beriringan dengan peningkatan positif atas penjualan kendaraan roda dua secara global usai mengalami penurunan tajam pada semester pertama tahun 2020. Sementara kepercayaan publik pada transportasi umum di periode sama melemah.

Dilansir Visordown, survei terkait dilakukan terhadap 300 responden dan menanyakan seberapa aman sepeda motor dibanding moda transportasi perkotaan lainnya selama masa pandemi.

Baca juga: Tak Bisa Sembarangan, Pilih Ban Harus Sesuai dengan Tipe Kendaraan

Ilustrasi sepeda motor offroad jelajah alamsewamotorcross.blogspot.com Ilustrasi sepeda motor offroad jelajah alam

Hasilnya, 75 persen dari mereka yang ditanya mengaku tidak mungkin melakukan perjalanan dengan transportasi umum. Sementara 80 persen percaya bahwa sepeda motor adalah satu-satunya cara untuk bepergian yang aman dan tetap menerapkan jarak sosial.

Survei juga menemukan bahwa 79 persen responden percaya bahwa sepeda motor relatif aman dan merupakan kendaraan bebas risiko untuk digunakan selama pandemi. Hanya saja, kendaraan digunakan sendiri atau tidak untuk berboncengan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Di Indonesia sendiri, dari survei yang dikeluarkan oleh Google Indonesia pada Juli 2020 lalu, menunjukan hasil serupa. Dimana, motor masih menjadi pilihan sebagai alat transportasi untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya.

Baca juga: 3 Unsur Penting Naik Motor Saat Musim Hujan

Ini terbukti dari 52 persen responden menyetujui hal tersebut ketika ditanyai mengenai moda tranportasi favorit di tengah masa pandemi Covid-19.

Sementara mobil pribadi ada di posisi kedua dengan perolehan angka sebanyak 42 persen dari seluruh responden yang ada.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber visordown
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.