BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Bridgestone

Tak Bisa Sembarangan, Pilih Ban Harus Sesuai dengan Tipe Kendaraan

Kompas.com - 29/11/2020, 10:03 WIB
Ilustrasi ban mobil Dok. ShutterstockIlustrasi ban mobil
|

KOMPAS.com - Ban sering kali diibaratkan sebagai alas kaki pada kendaraan bermotor, termasuk mobil. Tak hanya sekadar pemanis tampilan, ban memiliki berbagai fungsi yang sangat vital dalam berkendara.

Alasannya jelas. Sebagai satu-satunya komponen pada mobil yang berinteraksi langsung dengan aspal, ban berfungsi sebagai penyangga beban yang berperan penting dalam kontrol kendaraan. Seperti diketahui, kehilangan kontrol saat berkendara dapat menyebabkan kecelakaan.

Kemudian, ban juga berfungsi untuk memberikan gaya dorong, membantu pengereman, dan meredam getaran kendaraan dari permukaan jalan.

Menilik berbagai fungsi vital yang dimiliki, tak heran berbagai aspek berkendara, seperti performa, handling, dan kenyamanan, sangat berkaitan dengan ban.

Maka dari itu, urusan memilih ban mobil tidak bisa dipandang sebelah mata. Memilih ban dengan kualitas mumpuni menjadi harga mati untuk menjamin keamanan, kenyamanan, dan performa mobil saat berkendara sehari-hari.

Selain kualitas, aspek lain yang perlu diperhatikan adalah tipe ban. Dengan memilih tipe ban yang sesuai dengan jenis kendaraan, Anda bisa memaksimalkan pengalaman berkendara.

Beda mobil, beda ban

Head of Corporate Communications dan Public Relations PT Bridgestone Tire Indonesia Arko Kanadianto menjelaskan, tipe ban untuk mobil penumpang secara umum terbagi atas dua jenis, yakni sport dan touring.

“Mobil sport dituntut untuk bisa dipacu sampai kecepatan tinggi dan memberikan sensasi berkendara yang berbeda. Oleh karena itu, mobil sport memerlukan ban dengan karakteristik yang sama,” kata Arko dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Kamis (26/11/2020).

Ban mobil sport, lanjut Arko, harus mampu memberikan initial steering response yang baik atau kecepatan ban untuk menyesuaikan arah kemudi kendaraan.

“Selain itu, jenis ban yang dipilih harus tetap stabil di jalan menikung. Jarak pengereman ban pun harus pendek, baik di permukaan basah maupun kering,” imbuh Arko.

Sementara itu, kendaraan multi-purpose vehicle ( MPV) atau hatchback sebaiknya menggunakan ban touring.

“Ban touring mampu menawarkan pengalaman berkendara yang tenang dan tidak berisik. Nyaman tapi tetap aman,” ujar Arko.

Arko menambahkan, mobil tipe MPV atau hatchback dirancang untuk membawa lebih banyak penumpang dibandingkan jenis mobil sport. Oleh karena itu, kenyamanan menjadi salah satu aspek penting dalam pemilihan ban mobil.

Pilihan tepat untuk mobil Anda

Setelah mengenal ban yang sesuai dengan jenis dan penggunaannya, Anda memiliki pilihan ban dengan kualitas mumpuni untuk memaksimalkan pengalaman berkendara aman dan nyaman, seperti Potenza S007A dan Turanza T005A dari Bridgestone.

Bridgestone Potenza S007A adalah pilihan tepat untuk Anda yang memiliki mobil sport. Sebab, ban ini memiliki alur dengan sudut yang rendah sehingga kendaraan lebih stabil saat menikung di berbagai kondisi permukaan jalan.

Ban ini memiliki fitur Kevlar Flipper dan Hybrid Spiral yang dapat meningkatkan kekakuan pada bagian dalam ban dan mencegah gerakan berlebihan.

Kelebihan lainnya, Bridgestone Potenza S007A memiliki fitur optimized structure yang dapat meningkatkan daya pengereman. Dengan demikian, cengkeraman ban lebih maksimal, baik kondisi permukaan kering maupun basah.

Mobil yang menggunakan ban Bridgestone Potenza S007A dan Bridgestone Turanza T005ADok. Bridgestone Mobil yang menggunakan ban Bridgestone Potenza S007A dan Bridgestone Turanza T005A

Sementara itu, Bridgestone Turanza T005A di segmen touring menawarkan kenyamanan maksimal untuk Anda yang menggunakan MPV atau hatchback.

Bridgestone Turanza T005A memiliki pola telapak asimetris yang mampu meningkatkan kestabilan ban di permukaan basah, kemudahan kontrol kemudi, meminimalkan risiko ban tergelincir, dan mengurangi kebisingan saat berkendara.

Kemudian, ban ini juga dilengkapi teknologi eksklusif Bridgestone, yakni kompon Nano Pro-Tech. Teknologi ini membuat ban memiliki performa maksimal di kondisi basah dan jarak pengereman lebih baik.

Berbagai fitur yang dihadirkan Bridgestone Turanza T005A dirancang untuk mendukung perjalanan yang lebih tenang, aman, dan menyenangkan.

Apa pun pilihan ban Anda, pastikan untuk memilih ban berkualitas unggul yang dapat menjamin keselamatan serta kenyamanan sehari-hari.


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya