Jangan Lalai, Rem Tangan Penting Dirawat Secara Berkala

Kompas.com - 27/11/2020, 20:31 WIB
Tuas rem tangan Daihatsu Sigra Stanly/OtomaniaTuas rem tangan Daihatsu Sigra

JAKARTA, KOMPAS.com - Di setiap kendaraan, rem menjadi salah satu komponen vital yang penting untuk dirawat. Setiap bagian rem perlu dirawat, tak terkecuali rem tangan atau rem parkir pada mobil.

Bukan hanya bagian kampas remnya saja yang perlu diperhatikan kondisinya. Tapi, tuas pada rem tangan pun juga penting untuk diperhatikan.

Baca juga: Seberapa Penting Peran Rem Tangan Saat Parkir Mobil?

Kampas rem pada rem tangan umumnya memiliki usia pakai yang cukup lama. Ada yang bisa bertahan hingga lebih dari 5 tahun.

Pengunaan rem tanganStanly/Otomania Pengunaan rem tangan

Namun demikian, untuk menjaga agar kinerjanya tetap optimal, maka rem tangan tetap butuh perawatan. Mengingat, fungsinya yang sangat vital.

Technical Support Manager PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi, menyarankan, kepada setiap pemilik mobil untuk memeriksa bagian rem secara berkala. Khususnya, untuk pemilik mobil yang lebih sering memeriksakan mobilnya ke bengkel umum.

Baca juga: Ini Pentingnya Pakai Rem Tangan saat Parkir

Sebab, di bengkel umum, pengecekan pada rem tangan tidak menjadi bagian dari standar pengecekan. Berbeda dengan standar pengecekan di bengkel resmi.

"Setiap servis di bengkel resmi, bagian rem selalu dilakukan pengecekan. Normalnya pengecekan dilakukan setiap 10.000 km," ujar Didi, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Didi menambahkan, jika rem tangan sudah ditarik hingga mentok, tapi roda masih bisa bergerak atau rem belum terasa pakem, sebenarnya masih bisa dilakukan penyetelan ulang.

Mengenali gejala kampas rem menipiswww.team-bhp.com Mengenali gejala kampas rem menipis

Menurut Didi, hal ini mungkin saja terjadi, khususnya pada mobil-mobil yang sudah cukup berumur. Bisa saja kabelnya sudah memulur karena sering dioperasikan.

"Saat gunakan rem tangan, begitu kita tarik ada bunyi klik. Misalkan sudah mentok, tapi masih enggak menggigit remnya. Sebenarnya bisa di-adjust kembali remnya," kata Didi.

Namun, Didi mengatakan, bisa saja memang kampas remnya yang sudah tipis. Untuk itu, ada baiknya untuk diperiksakan terlebih dahulu kondisinya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X