Tips Makan Murah Saat Naik Bus AKAP Sumatera

Kompas.com - 26/11/2020, 10:42 WIB
Tempat istirahat bus AKAP lintas sumatra - bloggerTempat istirahat bus AKAP

JAKARTA, KOMPAS.comBus antar kota antar provinsi (AKAP) dengan trayek menuju atau di Sumatera memiliki perbedaan dengan yang ada di Pulau Jawa. Bus-bus AKAP di Sumatera jarang yang memberikan servis makan gratis.

Dalam perjalanan yang jauh, tentunya bus akan singgah di rumah makan untuk beristirahat, baik penumpang dan pengemudinya. Biasanya jika ke arah Sumatera, rumah makan yang disinggahi punya tarif yang terkenal relatif mahal ketimbang di Pulau Jawa.

Selain itu, jarak tempuh yang panjang membuat frekuensi pemberhentian bus selama perjalanan jadi lebih intens, bisa sampai lima kali atau lebih.

Lalu bagaimana tips agar tidak terlalu menghabiskan uang untuk makan saat naik bus AKAP Sumatera?

Baca juga: Yamaha Hadirkan Skutik Terbaru Gear 125, Harga Mulai Rp 16 Jutaan

Layanan bus akapjalancerita Layanan bus akap

Anggota Forum Bismania Indonesia, Asrul Arifin Siregar akan memberikan berbagai tips agar bisa menekan ongkos makan saat dalam perjalanan.

“Pastinya bawa bekal, bawa roti paling mudah. Atau kalau mau repot bisa bawa lauk yang awet, jadi tinggal beli nasinya,” ucap Asrul kepada Kompas.com, Rabu (25/11/2020).

Mengingat perjalanan bus AKAP Sumatera misalnya dari Jakarta – Medan minimal lima sampai enam kali singgah di rumah makan. Asrul mengatakan, sekali makan dengan lauk telur, minimal mengeluarkan Rp 20.000.

Baca juga: Honda City Hatchback Resmi Meluncur, Mesin 1.000 Cc Turbo

“Itu hanya pakai telur ya lauknya. Bagaimana kalau pakai ayam atau rendang,” kata Asrul.

Tips lainnya, saat berhenti di rumah makan, makannya jangan di dalam rumah makannya, tetapi cari di sekitaran tempat istirahat. Di sekitar rumah makan memang bukan nasi menunya, tapi semacam bakso atau yang sejenisnya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X