Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Damri Siapkan Bus Sehat untuk Libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021

Kompas.com - 24/11/2020, 18:31 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Perum Damri telah mempersiapkan 2.224 bus sehat yang sudah melalui serangakain inspeksi keselamatan. Nantinya bus ini disiapkan untuk liburan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 mulai 18 Desember 2020 sampai 5 Januari 2021.

Damri melayani berbagai trayek seperti Stasiun Gambir – Lampung, Jakarta – Surabaya, Kemayoran – Wonosobo, Kuningan – Cicaheum, Palangkaraya – Pangkalanbun, Pontianak – Pangkalanbun, Surabaya – Bali dan lain sebagainya tersebar di seluruh Indonesia.

“Pada masa pandemi, Damri berkomitmen menjual tiket dengan kapasitas maksimal hanya 70persen dari kapasitas tempat duduk yang tersedia sesuai Surat Edaran Kementerian Perhubungan Nomor SE 14 Tahun 2020 tanggal 8 Juni 2020,” kata Direktur Komersial dan Pengembangan Bisnis, Sandry Pasambuna dalam siaran resmi yang Kompas.com terima, Selasa (24/11/2020).

Baca juga: Kawasaki Ninja ZX-10R 2021 Meluncur, Fairing Mirip Ninja H2

Angkutan perum DamriDamri Angkutan perum Damri

Sandry juga menjelaskan, seluruh operasional bus Damri di Indonesia telah dilakukan sesuai standar operasional prosedur (SOP) dengan mengedepankan Ketepatan, Keselamatan, Keamanan, Kenyamanan dan Kesehatan Penumpang & Pramudi (D5K).

“Konsistensi Damri dalam menerapkan protokol kesehatan telah diakui. Hal ini dibuktikan dengan perolehan sertifikat ISO 45001:2018 tentang Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) yang telah disertifikasi oleh Badan Sertifikasi TUV Rheinland Indonesia,” ucap Sandry.

Selain itu, pelaksanaa protokol kesehatan juga diperketat dengan memastikan pengaturan jaga jarak penumpang di dalam Bus Sehat (physical distancing), memastikan pelanggan dalam keadaan sehat (tidak menderita flu, pilek, batuk, demam).

Baca juga: Bus PO ALS Sering Memakai Kursi Berbahan Fabric Bukan Kulit

Pelanggan juga wajib menggunakan masker, mengukur suhu tubuh maksimal 37,3 derajat Celcius, serta mencuci tangan atau menggunakan handsanitizer sebelum masuk bus.

Pelanggan diharuskan menunjukkan Surat Bebas Covid-19 (Tes PCR atau Rapid Test) yang masih berlaku (14 hari sejak diterbitkan) atau surat keterangan bebas gejala seperti influenza (influenza-like illness) yang dikeluarkan oleh dokter Rumah Sakit atau Puskesmas.

Untuk pembelian tiketnya, bisa melalui Damri Apps, situs tiket.damri.co.id serta kanal penjualan tiket lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com