Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER OTOMOTIF] Joan Mir Juara Dunia karena Marquez Absen | Kelebihan Suzuki GSX-RR

Kompas.com - 17/11/2020, 06:02 WIB
Aditya Maulana

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Pebalap Suzuki Ecstar Joan Mir memastikan diri menjadi juara dunia MotoGP 2020, pada seri ke-13 di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Minggu (15/11/2020).

Mir memang gagal naik podium pada balapan kali ini dan hanya finis di posisi 7. Namun, perolehan poinnya sudah tidak mungkin terkejar pebalap lain, dengan hanya menyisakan satu kali balapan lagi pekan depan.

Selain itu, yang tak kalah menariknya lagi soal kelebihan Suzuki GSX-RR. Penasaran seperti apa, berikut 5 artikel terpopuler di kanal otomotif pada Senin 16 November 2020:

1. Hasil MotoGP Valencia 2020, Joan Mir Juara Dunia

Pebalap Suzuki Ecstar, Joan Mir, merayakan podium juara pada seri MotoGP Eropa di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Minggu (8/11/2020) malam WIB.AFP/JOSE JORDAN Pebalap Suzuki Ecstar, Joan Mir, merayakan podium juara pada seri MotoGP Eropa di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Minggu (8/11/2020) malam WIB.

Pebalap Suzuki Ecstar Joan Mir memastikan diri menjadi juara dunia MotoGP 2020, pada seri ke-13 di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Minggu (15/11/2020).

Mir memang gagal naik podium pada balapan kali ini dan hanya finis di posisi 7. Namun, perolehan poinnya sudah tidak mungkin terkejar pebalap lain, dengan hanya menyisakan satu kali balapan lagi pekan depan.

Baca juga: Hasil MotoGP Valencia 2020, Joan Mir Juara Dunia

2. Joan Mir Emosi Disebut Jadi Juara Dunia karena Marquez Absen

Joan Mir meraih gelar juara dunia MotoGP 2020 saat balapan di MotoGP Valencia. (Photo by LLUIS GENE / AFP)LLUIS GENE Joan Mir meraih gelar juara dunia MotoGP 2020 saat balapan di MotoGP Valencia. (Photo by LLUIS GENE / AFP)

Banyak pihak menyebutkan bahwa MotoGP 2020 adalah musim yang jauh dari kata normal. Bergulir di tengah pandemi, MotoGP hanya digelar di Eropa dengan jumlah seri yang tak banyak.

Selain itu, pebalap andalan Honda sekaligus juara bertahan Marc Marquez pun absen hampir satu musim.

Marc hanya balapan pada seri pertama di MotoGP Jerez. Saat itu, dirinya terjatuh dan cedera patah tulang lengan kanan bagian atas.

Baca juga: Joan Mir Emosi Disebut Jadi Juara Dunia karena Marquez Absen

3. Juara Dunia, Joan Mir Catatkan Sejarah Ikuti Kenny Robert Jr dan Kevin Schwantz

Joan Mir mengunci gelar juara dunia MotoGP 2020 setelah finish peringkat ketujuh di MotoGP Valencia, Minggu (15/11/2020).AFP/LLUIS GENE Joan Mir mengunci gelar juara dunia MotoGP 2020 setelah finish peringkat ketujuh di MotoGP Valencia, Minggu (15/11/2020).

Setelah mengalami tidur yang cukup panjang, akhirnya pebalap Suzuki Ecstar Joan Mir berhasil mengulangi torehan Kenny Roberts Jr yang membawa Suzuki juara dunia MotoGP 20 tahun yang lalu.

Menelisik kebelakang, Suzuki sempat berjaya pada tahun 1976-1977 melalui Barry Sheene, tahun 1981 dan 1982 oleh Marco Lucchinelli dan Franco Uncini

Baca juga: Juara Dunia, Joan Mir Catatkan Sejarah Ikuti Kenny Robert Jr dan Kevin Schwantz

4. Cerita Morbidelli Soal Persaingan Sengit dengan Miller di Lap Terakhir

Franco Morbidelli saat berlaga di MotoGP Valencia. (Photo by LLUIS GENE / AFP)LLUIS GENE Franco Morbidelli saat berlaga di MotoGP Valencia. (Photo by LLUIS GENE / AFP)

Franco Morbidelli berhasil raih kemenangan sempurna pada MotoGP Valencia. Tak hanya start dari pole position, pebalap tim satelit Yamaha ini juga mendominasi jalannya balapan hingga lewati garis finis.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com