Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AMMDes Disulap Jadi Mobil Penyemprot Disinfektan

Kompas.com - 16/11/2020, 18:01 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAs.com – Pada masa pandemi seperti sekarang, kendaraan Alat Mekanis Multiguna Pedesaan (AMMDes) ternyata punya peran penting menekan penyebaran Covid-19.

PT Kreasi Mandiri Wintor Indonesia (KMWI) selaku produsen kendaraan ini telah bekerja sama dengan Kementerian Perindustrian (Kemenperin) untuk melakukan penyemprotan cairan disinfektan di sekitar lingkungan perusahaan KMWI.

AMMDes berperan mensterilisasi enam RW di Desa Karang Asem Timur, Kecamatan Citeureup, Bogor, Jawa Barat yang meliputi sekitar 5.500 penduduk.

Baca juga: Hasil Klasemen MotoGP 2020, Poin Joan Mir Sudah Tak Terkejar

AMMDesNMAA AMMDes

Kebetulan model yang digunakan merupakan pengembangan dari unit water tank, yang dilengkapi dengan tangki berkapasitas 600 liter. Sehingga dapat dimanfaatkan untuk menyemprot disinfektan.

“Kami bangga terhadap AMMDes selau karya anak bangsa, yang memiliki beragam fungsi,” kata Taufiek Bawazier, Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika (ILMATE) Kemenperin, dalam keterangan resmi (16/11/2020).

“Hingga mampu membuat aplikasi yang dapat dimanfaatkan dalam upaya penanganan penyebaran Covid-19,” ucap Taufiek.

Baca juga: Kelebihan Suzuki GSX-RR, Rahasia Joan Mir Bisa Juara Dunia

AMMDesNMAA AMMDes

Taufiek menambahkan, pihaknya mendorong aktif pengembangan AMMDes yang bisa dimanfaatkan di berbagai daerah sesuai kebutuhan saat ini.

Apalagi di tengah kondisi pandemi, pelaku industri dituntut agar bisa lebih efisien dalam proses produksinya.

Penggunaan AMMDes diharapkan dapat memenuhi kebutuhan dan kemudahan bagi pelaku industri Tanah Air dalam menghadapi adaptasi kebiasaan baru.

Baca juga: Mencoba Junior Executive PO Raya, Pakai Kursi Bekas Pesawat

AMMDes ambulance feederIstimewa AMMDes ambulance feeder

“Jadi memang dibutuhkan kegiatan riset terus menerus sehingga bisa menghasilkan inovasi yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat atau pelaku industri kita,” ujar Taufiek.

“Kami optimistis, AMMDes mampu menjawab persoalan itu karena alat multifungsi ini menjangkau daerah-daerah yang sulit dilalui dengan kendaraan besar,” tuturnya.

Sementara itu, Presiden Direktur PT KMWI Reiza Treistanto, mengatakan, pihaknya berterima kasih kepada Kemenperin yang telah mendukung upaya perusahaan untuk berkontribusi menjalankan program pemerintah.

Baca juga: Joan Mir Emosi Disebut Jadi Juara Dunia karena Marquez Absen

AMMDes mulai diekspor ke NigeriaAstra Otoparts AMMDes mulai diekspor ke Nigeria

Salah satu langkah strategisnya adalah melakukan alih fungsi AMMDes water tank sebagai alat penyemprotan cairan disinfektan.

Untuk diketahui, kendaraan AMMDes memiliki tingkat kandungan komponen lokal cukup tinggi mencapai 70 persen.

PT KMWI pun telah menyatakan kesiapan untuk memproduksi massal dengan total kapasitas 6.000 unit per tahun.

“Secara teknis, kami sudah melakukan berbagai pengujian sehingga dari kualitas sudah laik digunakan,” kata Reiza, pada kesempatan yang sama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com