Setelah Bikin Tim, MP1 Juga Ingin Membuka Akademi Balap Motor

Kompas.com - 12/11/2020, 11:42 WIB
MP1 resmi menggandeng Gresini Racing sebagai mitra strategis. KOMPAS.com/GilangMP1 resmi menggandeng Gresini Racing sebagai mitra strategis.


JAKARTA, KOMPAS.com - Selain bermitra dengan Gresini Racing untuk mengembangkan tim balap di ajang Grand Prix, MP1 punya proyek lain yaitu mendirikan akademi balap motor di Indonesia.

Chief Executive Officer MP1 Rocky Soerapoetra mengatakan, tujuan akademi balap ini ialah menjadi tempat lahirnya para pebalap top, dan bisa lomba di kejuaraan bergengsi dunia.

Baca juga: MRTI Belum Bisa Sebut Tim Luar yang Diajak Kerja Sama

Federal Oil Gresini Racing Moto2Foto: Istimewa Federal Oil Gresini Racing Moto2

"Kita akan mengembangkan racing academy untuk mencari (bibit pebalap) dari Sabang sampai Merauke. Kita sedang mau memulai programnya karena untuk membangun ini jujur kemarin berhenti karena pandemi (Covid-19), jadi setahun ini kita buang waktu banyak sekali," kata Rocky di Jakarta, Rabu (11/11/2020).

Jika tidak ada halangan, Rocky mengatakan, program akademi balap tersebut rencananya akan mulai berjalan tahun depan. 

"Ini juga kita ingin coba melihat kondisi juga, karena ini perlu berpergian melihat pebalap," katanya.

Baca juga: Terkesan Dadakan, Ini Alasan MRTI Ngotot Ikut MotoGP 2021

Rocky mengatakan MP1 serius untuk membuat akademi balap. Saat ini pihaknya sedang mencari tempat yang cocok untuk digunakan sebagai tempat latihan para pebalap.

MP1 menggandeng Gresini Racing sebagai mitra strategis Indonesian Racing KOMPAS.com/Gilang MP1 menggandeng Gresini Racing sebagai mitra strategis Indonesian Racing

"Saya ingin ini (akademi) jadi 'Mekkah.' Tempatnya di mana belum, saya juga belum bisa bilang tapi saya inginnya di Jawa," kata Rocky.

Pembentukan akademi penting untuk penjenjangan berkelanjutan para pebalap. Apalagi Indonesian Racing nanti bakal berlaga di kejuaraan dunia.

"Kami akan mengembangkan akademi pebalap muda untuk mengidentifikasi bakat dan membantu mereka maju melalui tangga menuju MotoGP," kata Managing Director MP1 Ance Dewianti.

"Kami ingin menggunakan kesempatan ini untuk berterima kasih kepada Fausto Gresini atas dukungannya dan berbagi visi kami," katanya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X