Joan Mir Siap Rebut Podium MotoGP Eropa 2020

Kompas.com - 05/11/2020, 17:01 WIB
Joan Mir saat balapan di MotoGP Emilia Romagna. (Photo by ANDREAS SOLARO / AFP) ANDREAS SOLAROJoan Mir saat balapan di MotoGP Emilia Romagna. (Photo by ANDREAS SOLARO / AFP)
|

VALENCIA, KOMPAS.com - Pencapaian Joan Mir yang menjadi pemimpin klasemen sementara pada MotoGP 2020 mendapat berbagai tanggapan. Sebab, ia satu-satunya pebalap di enam besar yang belum merasakan kemenangan atau podium pertama.

Pebalap dari Suzuki tersebut kini memimpin dengan total 137 poin usai tampil konsisten di tiap seri, selisih 14 poin dari Fabio Quartararo dan 19 poin dari Maverick Vinales. Adapun helatan MotoGP musim ini hanya tersisa tiga putaran lagi.

Alih-alih fokus untuk merebut juara dunia walau tidak merasakan berdiri di podium pertama, Mir bertekad untuk fokus dan tampil agresif pada MotoGP Eropa yang dihelat pekan ini, 8 November 2020.

Baca juga: Yamaha Tunjuk Garrett Gerloff Menggantikan Rossi di MotoGP Eropa

Pebalap Suzuki Ecstar, Alex Rins (kiri) dan Joan Mir (kanan), meraih podium pada balapan MotoGP Aragon, 18 Oktober 2020. AFP/JOSE JORDAN Pebalap Suzuki Ecstar, Alex Rins (kiri) dan Joan Mir (kanan), meraih podium pada balapan MotoGP Aragon, 18 Oktober 2020.

"Balapan terakhir sebenarnya saya sedikit kecewa karena hanya berada di posisi ketiga, padahal saya punya peluang lebih. Namun tujuan saya adalah naik podium dan kami berhasil meraihnya," kata Mir dilansir Crash, Kamis (8/11/2020).

"Secara umum, saya merasa baik saat ini dan saya siap untuk bertarung di Valencia, yang merupakan trek bagus yang saya kenal. Akan bagus untuk kembali ke trek pada Jumat pagi untuk balapan baru akhir pekan," lanjutnya.

Rekan setimnya Alex Rins sekarang menjadi salah satu kuda hitam untuk mengejar gelar setelah finis pertama di MotoGP Aragon. Hasil itu membuatnya hanya berjarak 32 poin dari Mir.

Rins juga mengaku optimis di MotoGP Eropa. Pasalnya, ia tak merasa terbebani dalam perburuan gelar juara dunia seperti Joan Mir.

"Memasuki tiga balapan terakhir, saya tidak merasakan banyak tekanan, yang pasti hasil saya sangat bagus dan saya berharap untuk melanjutkan tren itu," kata Rins.

Baca juga: Lorenzo Jagokan Joan Mir Rebut Juara Dunia MotoGP 2020

Joan Mir saat berlaga di MotoGP StyriaJoan Mir Joan Mir saat berlaga di MotoGP Styria

Sementara Davide Brivio, manajer tim menyatakan bahwa Suzuki siap untuk berlaga secara maksimal pada tiga balapan terakhir guna mengukuhkan posisi masing-masing termasuk gelar juara dunia.

"Pebalap kami telah melakukan pekerjaan yang fantastis, ini momen yang luar biasa bagi Suzuki karena kami sangat konsisten. Total, ada sembilan podium di musim ini dan kami akan terus mencoba untuk menjaga konsistensi tersebut," ujar dia.

"Fokus utama kami saat ini adalah terus berkerja dan mencoba mendapatkan lebih banyak podium," kata Davide lagi.



Sumber Crash
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X