Berawal dari Bemo, Daihatsu Sudah Tembus Produksi 30 Juta Unit

Kompas.com - 05/11/2020, 15:01 WIB
Kendaraan roda tiga pertama Daihatsu DaihatsuKendaraan roda tiga pertama Daihatsu
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Daihatsu Motor Co., Ltd, mengklaim telah mencapai produksi kendaraan sebanyak 30 unit. Jumlah tersebut merupakan kumulatif yang dihitung berdasarkan kendaraan dengan merek Daihatsu yang diproduksi di Jepang hingga September 2020, temasuk unit ekspor baik CBU maupun CKD.

Pencapiaan tersebut tentu tak lepas dari sejarah panjang Daihatsu dari awal berdiri hingga saat ini.

Daihatsu di Jepang memulai karirnya sejak 1907 dengan nama Hatsudoki Seizo Co., Ltd. yang saat itu untuk memproduksi mesin domestik dengan pembakaran internal sebagai bentuk kerja sama antara dunia industri dan akademisi.

Pada 1931, Daihatsu mulai melakukan bisnis produksi kendaraan pertamanya dengan meluncurkan kendaraan roda tiga berkubikasi 500 cc. Setelah era perang dunia kedua, pada 1957 Daihatsu langsung meluncurkan kendaraan roda tiga dengan jenis truk mini yang dinamakan Midget.

Daihatsu Midget BemoDaihatsu Daihatsu Midget Bemo

Baca juga: Bersolek di Jepang, Daihatsu Thor Kini Berlimpah Fitur Keamanan

Kendaraan tersebut juga akrab disebut sebut sebagai "Bemo" oleh masyarakat Indonesia yang mendapat sambutan positif pada zamannya. Midget sendiri sempat menjadi kendaraan operasional resmi dalam ajang Asian Games ke-4 pada 1962 yang berlangsung di Tanah Air.

Tepat satu tahun kemudian, pada 1958, Daihatsu meluncurkan kendaraan roda empat pertamanya dengan jenis truk kompak, yakni Daihatsu Vesta.

Daihatsu VestaDaihatsu Daihatsu Vesta

Selanjutnya, Daihatsu juga meluncurkan kendaraan dengan tujuan komersil pada 1960, yakni Hijet, yang lalu dilanjutkan dengan beberapa kendaraan penumpang lain, seperti Daihatsu Charade pada 1977, serta Mira pada 1980.

Untuk saat ini, Daihatsu Jepang tetap fokus untuk dapat menyediakan mobil kecil yang dapat memenuhi beragam kebutuhan pelanggan dengan harga terjangkau.

Baca juga: Begini Teknik Mengemudi Hemat Ala Daihatsu

Dengan menerapkan konsep Simple, Slim, Compact (SSC), Daihatsu terus memproduksi mobil yang berkualitas dengan biaya yang efisien di Shiga (Ryuo) Plant, Kyoto Plant, Ikeda Plant, dan Oita (Nakatsu) Plant.

Daihatsu Rocky Daihatsu Rocky

Jejak inovasi Daihatsu kembali dilanjutkan setiap tahunnya, dan pada 2019, Daihatsu telah meluncurkan berbagai produk baru yang menggunakan platform berbasis DNGA (Daihatsu New Global Architecture).

Daihatsu pun mengklaim terus berkomitmen dalam memberikan produk dan pelayanan terbaik dengan beragam kemudahan dan kenyamanan demi memenuhi kebutuhan pelanggan melalui kendaraan kompak.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X