Pentingnya Bawa Pengemudi Pengganti Saat Perjalanan Jauh

Kompas.com - 29/10/2020, 10:42 WIB
Ilustrasi: Jalan tol ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha/wsj.Ilustrasi: Jalan tol

JAKARTA, KOMPAS.com – Libur panjang mulai dari 27 Oktober sampai 1 November 2020 membuat beberapa orang memilih untuk pergi ke luar kota. Salah satu cara berlibur yaitu dengan menggunakan mobil pribadi atau road trip.

Apalagi infrastruktur jalan tol di Pulau Jawa sudah mulai baik, menghubungkan banyak kota. Selain itu juga bisa melalui berbagai jalan alternatif dengan pemandangan yang indah. Namun perlu diingat, ketika perjalanan jauh, perlu adanya pengemudi pengganti.

Training Director The Real Driving Centre, Marcell Kurniawan mengatakan, adanya pengemudi pengganti atau back up driver diperlukan jika berencana melakukan perjalanan jauh dengan mobil.

Baca juga: Alasan Mitsubishi Sediakan Warna Putih pada Xpander Black Edition

Honda BR-V tim Merapah 5 Warisan Budaya Batik mengunjungi kawasan kebun teh dan Candi Cetokompas.com Honda BR-V tim Merapah 5 Warisan Budaya Batik mengunjungi kawasan kebun teh dan Candi Ceto

“Karena bila mengemudi lebih dari enam jam, kita perlu ada driver pengganti agar kita tidak terlalu lama mengemudi,” ucap Marcell kepada Kompas.com, Rabu (28/10/2020).

Pengemudi pengganti ini bisa siapa aja, selama dia bisa mengemudikan mobil dengan baik. Adanya pengemudi pengganti bisa mempersingkat perjalanan, karena jika driver pertama kelelahan, bisa digantikan.

“Maksimal seseorang lebih laik mengemudi cuma enam jam, baik macet ata lancar. Maksimal enam jam ini juga diselingi istirahat setiap dua jam sekali,” kata Marcell.

Baca juga: Nissan Mulai Kirim Kicks e-Power ke Konsumen Indonesia

Jadi bisa dikatakan, dua jam pertama bisa lakukan istirahat, kemudian dua jam kedua kembali beristirahat dan dua jam ketiga lalu istirahat. Setelah ini, digantikan dengan pengemudi kedua, dan kembali aturan waktu mengemudi dan istirahatnya.

Istirahat yang dilakukan juga bisa dengan lakukan peregangan, makan dan lainnya. Kemudian pada sesi istirahat kedua, bisa beristirahat lebih lama dengan melakukan peregangan ditambah dengan power nap, atau tidur singkat antara 15 sampai 30 menit.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X