Teknik Mengerem Skutik yang Benar di Jalan Menurun

Kompas.com - 28/10/2020, 16:42 WIB
Skutik bongsor terbaru Honda Forza sudah dipasarkan di Eropa. Honda UKSkutik bongsor terbaru Honda Forza sudah dipasarkan di Eropa.
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Meski mudah tinggal gas dan rem ada satu teknik yang mesti diperhatikan para pengguna skutik yaitu pengereman, terutama mengerem di kontur jalan menurun.

Agus Sani, Head of Safety Riding Wahana, Main Dealer motor Honda wilayah Jakarta-Tangerang mengatakan, mengerem di turunan harus diperhatikan, sebab skutik nyaris tidak punya engine brake.

Baca juga: Libur Panjang Ingin Touring Motor, Jangan Memforsir Tenaga

"Saat turunan atau jalan menurun usahakan gas harus terisi tidak ditutup habis, karena jika di tutup habis maka motor akan loss atau mesin tidak membantu pengereman," kata Agus kepada Kompas.com, belum lama ini.

Motorstar Easyride 150RS, skutik yang desainnya mirip Honda VarioIstimewa Motorstar Easyride 150RS, skutik yang desainnya mirip Honda Vario

Selain itu, kata Agus, usahakan untuk selalu mengerem dengan kedua rem jangan hanya salah satu saja. Pakai rem depan dan belakang secara bersamaan agar pengereman lebih efektif.

Baca juga: Alasan Yamaha Andalkan Mesin 125 cc untuk Skutik Entry Level

"Jika sudah menguasai buka tutup gas dengan baik maka jari tangan usahakan untuk tidak selalu berada di tuas rem kanan dan kiri," katanya.

Agus mengatakan, cara mengerem skutik berbeda karena engine brake yang dihasilkan kecil. Cara mengerem yang dianjurkan ialah menarik tuas menggunakan empat jari.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X