Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/10/2020, 16:42 WIB
Gilang Satria,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Meski mudah tinggal gas dan rem ada satu teknik yang mesti diperhatikan para pengguna skutik yaitu pengereman, terutama mengerem di kontur jalan menurun.

Agus Sani, Head of Safety Riding Wahana, Main Dealer motor Honda wilayah Jakarta-Tangerang mengatakan, mengerem di turunan harus diperhatikan, sebab skutik nyaris tidak punya engine brake.

Baca juga: Libur Panjang Ingin Touring Motor, Jangan Memforsir Tenaga

"Saat turunan atau jalan menurun usahakan gas harus terisi tidak ditutup habis, karena jika di tutup habis maka motor akan loss atau mesin tidak membantu pengereman," kata Agus kepada Kompas.com, belum lama ini.

Motorstar Easyride 150RS, skutik yang desainnya mirip Honda VarioIstimewa Motorstar Easyride 150RS, skutik yang desainnya mirip Honda Vario

Selain itu, kata Agus, usahakan untuk selalu mengerem dengan kedua rem jangan hanya salah satu saja. Pakai rem depan dan belakang secara bersamaan agar pengereman lebih efektif.

Baca juga: Alasan Yamaha Andalkan Mesin 125 cc untuk Skutik Entry Level

"Jika sudah menguasai buka tutup gas dengan baik maka jari tangan usahakan untuk tidak selalu berada di tuas rem kanan dan kiri," katanya.

Agus mengatakan, cara mengerem skutik berbeda karena engine brake yang dihasilkan kecil. Cara mengerem yang dianjurkan ialah menarik tuas menggunakan empat jari.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com