Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Keuntungan Suzuki yang Tidak Punya Tim Satelit

Kompas.com - 28/10/2020, 16:01 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dua pebalap Suzuki Ecstar Joan Mir dan Alex Rins mendapat perhatian khusus dari para penikmat MotoGP. Pasalnya, kedua pebalap tersebut memiliki kesempatan untuk mendapat gelar juara dunia MotoGP 2020.

Joan Mir saat ini bertengger di puncak klasemen dengan perolehan 137 poin, sementara Alex Rin berada di posisi keenam dengan raihan 105 poin.

Dikutip dari gpone dirinya, pengamat MotoGP Carlo Pernat mengatakan kondisi ini merupakan keuntungan bagi tim Suzuki karena tidak memiliki tim satelit.

Baca juga: Suzuki Kecewa Marc Marquez Tidak Bisa Menantangnya Musim Ini

“Suzuki hanya menurunkan dua pebalap yakni Joan Mir dan Alex Rins. Tidak seperti tim-tim lain di MotoGP yang harus memecah fokus karena memiliki lebih dari dua pembalap,” ujar Carlo Pernat dikutip dari gpone, Rabu (28/10/2020).

Pembalap asal Spanyol dari tim Suzuki Ecstar, Alex Rins, saat menjalani latihan bebas MotoGP Argentina di Sirkuit Termas de Rio Hondo, Argentina, 29 Maret 2019.AFP/JUAN MABROMATA Pembalap asal Spanyol dari tim Suzuki Ecstar, Alex Rins, saat menjalani latihan bebas MotoGP Argentina di Sirkuit Termas de Rio Hondo, Argentina, 29 Maret 2019.

Menurut Pernat, jika mereka memiliki tim satelit, fokus untuk memenuhi setiap keinginan pebalap mereka bisa terpecah.

“Davide Brivio yang merupakan manajer dari Suzuki berhasil mengatur tim menjadi sangat baik. Alhasil, kedua pebalapnya dapat bekerja dengan baik,” katanya.

Baca juga: Waspada Kondisi Belakang Motor Saat Harus Rem Mendadak

Terbukti dengan Joan Mir yang berhasil naik podium sebanyak enam kali hingga menempati puncak klasemen, dan Alex Rins yang berhasil tiga kali naik podium.

“Alex Rins dan Joan Mir menyukai satu sama lain, mereka mampu bekerja sama. Dua motor menurut saya cukup dan justru merupakan keuntungan tim Suzuki karena mampu memusatkan tenaga,” katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com