Tanda-tanda Fuel Pump Motor Injeksi Mulai Melemah

Kompas.com - 27/10/2020, 11:02 WIB
Fuel pump motor gridoto.comFuel pump motor

JAKARTA, KOMPAS.com – Saat ini sepeda motor dengan sistem injeksi sudah lazim digunakan konsumen Indonesia. Salah satu komponen penting yang ada di motor injeksi yaitu pompa bahan bakar atau fuel pump.

Tugas dari fuel pump di motor injeksi yaitu mendistribusikan bensin ke injektor dan menjaga tekanannya agar tetap tinggi. Sebagaimana suku cadang, fuel pump juga bisa melemah, lalu bagaimana agar tahu ciri-cirinya?

Technical Division PT Astra Honda Motor Endro Sutarno mengatakan, fuel pump yang lemah akan berpengaruh pada performa motor.

Baca juga: Tak Pakai Masker Saat Operasi Zebra Bakal Ditilang?

Isi bensin self serviceKOMPAS.com/Ruly Isi bensin self service

“Bisa jadi performa motor jadi kurang, mesin juga brebet dan motor susah dihidupkan. Namun untuk mengetahuinya, perlu dilakukan pegecekan,” ucap Endro kepada Kompas.com, Senin (26/10/2020).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Endro mengatakan, fuel pump sendiri tidak ada ukurannya bisa kuat berapa tahun atau berapa kilometer umurnya. Namun jika merasa ada masalah seperti yang disebutkan sebelumnya, ada kemungkinan perlu dicek fuel pumpnya.

“Ada saja yang bisa memperpendek usia fuel pump, yaitu dengan memakai bahan bakar yang kurang bagus, misal ada airnya,” kata Endro.

Baca juga: Lupa Bawa SIM Saat Operasi Zebra Tetap Ditilang?

Perawatan fuel pump juga sebenarnya tidak ada jadwalnya. Namun ada kalanya saat motor diservis, perlu dicek tekanan bahan bakar yang dihasilkan oleh pompa, apakah masih bagus sesuai standarnya atau tidak.

“Kalau tidak sesuai dengan standar, perlu dicek apa penyebabnya, ada kemungkinan dari pompa yang tidak bagus,” kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.