Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tanda-tanda Fuel Pump Motor Injeksi Mulai Melemah

JAKARTA, KOMPAS.com – Saat ini sepeda motor dengan sistem injeksi sudah lazim digunakan konsumen Indonesia. Salah satu komponen penting yang ada di motor injeksi yaitu pompa bahan bakar atau fuel pump.

Tugas dari fuel pump di motor injeksi yaitu mendistribusikan bensin ke injektor dan menjaga tekanannya agar tetap tinggi. Sebagaimana suku cadang, fuel pump juga bisa melemah, lalu bagaimana agar tahu ciri-cirinya?

Technical Division PT Astra Honda Motor Endro Sutarno mengatakan, fuel pump yang lemah akan berpengaruh pada performa motor.

“Bisa jadi performa motor jadi kurang, mesin juga brebet dan motor susah dihidupkan. Namun untuk mengetahuinya, perlu dilakukan pegecekan,” ucap Endro kepada Kompas.com, Senin (26/10/2020).

Endro mengatakan, fuel pump sendiri tidak ada ukurannya bisa kuat berapa tahun atau berapa kilometer umurnya. Namun jika merasa ada masalah seperti yang disebutkan sebelumnya, ada kemungkinan perlu dicek fuel pumpnya.

“Ada saja yang bisa memperpendek usia fuel pump, yaitu dengan memakai bahan bakar yang kurang bagus, misal ada airnya,” kata Endro.

Perawatan fuel pump juga sebenarnya tidak ada jadwalnya. Namun ada kalanya saat motor diservis, perlu dicek tekanan bahan bakar yang dihasilkan oleh pompa, apakah masih bagus sesuai standarnya atau tidak.

“Kalau tidak sesuai dengan standar, perlu dicek apa penyebabnya, ada kemungkinan dari pompa yang tidak bagus,” kata dia.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/10/27/110200715/tanda-tanda-fuel-pump-motor-injeksi-mulai-melemah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke