Kawasaki Mulai Kembangkan Mesin Hybrid untuk Motor

Kompas.com - 17/10/2020, 07:12 WIB
Kawasaki Endeavor, motor listrik dengan sensasi seperti motor sport pada umumnya Visordown.comKawasaki Endeavor, motor listrik dengan sensasi seperti motor sport pada umumnya

JAKARTA, KOMPAS.com - Kawasaki diketahui sedang mengembangkan motor listrik. Namun, belum lama ini paten dari desain Kawasaki bocor ke publik dan memperlihatkan pabrikan asal Jepang tersebut sedang mengembangkan mesin hybrid (hibrida).

Produsen sepeda motor selalu berlomba-lomba untuk menciptakan yang terbaik, baik efisiensi bahan bakarnya dan keramahan terhadap lingkungan. Tak terkecuali Kawasaki yang terkenal dengan motor-motor berperforma tinggi.

Baca juga: Kawasaki Verys 1000 S Resmi Meluncur

Dikutip dari Bennetts.co.uk, Kawasaki tidak berniat untuk memproduksi motor listrik secara massal. Sejak beberapa tahun belakangan ini, Kawasaki sudah mengajukan banyak paten untuk membuat motor hybrid.

Desain paten Kawasaki untuk motor hybridBennetts.co.uk Desain paten Kawasaki untuk motor hybrid

Mesin tersebut menggabungkan mesin bensin dengan motor listrik, untuk mendapatkan dorongan performa dan efisiensi, sambil mengurangi emisi.

Belum ada purwarupa yang diperlihatkan dari pengembangan tersebut. Kawasaki juga belum mengeluarkan pernyataan terkait rencana pembuatan motor hybrid.

Paten dari Kawasaki menjelaskan bahwa gabungan dari mesin bensin dan motor listrik ini dapat disematkan pada transmisi konvensional. Sehingga, tiap motor listrik bisa memberikan tenaga pada motor, baik secara independen atau bersamaan.

Baca juga: Proyeksi Penjualan Kawasaki W175 Buyar akibat Pandemi Covid-19

Motor listrik ini juga disebutkan dapat berperan sebagai generator, mengecas aki saat mesin bensin digunakan dan dorongan tenaga dari motor listrik tidak digunakan.

Pada paten yang beredar, tuas gas yang digunakan dibuat berbeda. Terdapat tombol untuk memilih mode dan mengaktifkan dorongan tenaga dari motor listrik.

Desain paten Kawasaki untuk motor hybridBennetts.co.uk Desain paten Kawasaki untuk motor hybrid

Menariknya, tombol tersebut akan mengikuti putaran gas. Sehingga, tombol tetap bisa ditekam, seberapa besar pun tuas gas dipelintir.

Tidak ada garansi yang menyebutkan teknologi tersebut akan sampai ke tahap produksi. Namun, Kawasaki sudah mengajukan setidaknya tujuh paten terpisah terkait motor hybrid dalam satu tahun belakangan ini. Hal tersebut menunjukkan keseriusan Kawasaki dalam mengembangkan motor hybrid.

Motor hybrid bukanlah sesuatu yang baru. Di Indonesia, Honda sudah memasarkan PCX Hybrid.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X