Keuntungan Lain dari Ban Motor Tubeless, Tekanan Udara Lebih Awet

Kompas.com - 16/10/2020, 19:21 WIB

JAKARTA, KOMPAS.comBan motor yang dijual di pasaran terdiri dari dua jenis, dengan ban dalam atau tube type dan tanpa ban dalam atau tubeless. Sekarang, kebanyakan motor baru dari pabrik sudah memakai ban tubeless.

Ban tubeless memiliki keuntungan seperti tidak memakai ban dalam dan jika tertusuk benda tajam, tidak langsung kempis bannya. Jadi pengendara bisa membawa motornya ke tukang tambal ban lalu melakukan perbaikan.

Senior Brand Executive & Product Development PT Gajah Tunggal Tbk., produsen ban IRC, Dodiyanto mengatakan, kelebihan lain dari ban tubeless yaitu tekanan udara di ban yang lebih awet dibanding ban tube type.

Baca juga: Pilihan Sedan Bekas Rp 30 Jutaan, dari City, Audi hingga BMW

Bagian dalam ban tube type (kiri) dan tubeless (kanan)Istimewa Bagian dalam ban tube type (kiri) dan tubeless (kanan)

“Pada ban tubeless, memakai inner liner yang fungsinya sama seperti ban dalam. Material dari inner liner ini lebih rapat pori-porinya dibanding ban dalam,” ucap Dodiyanto kepada Kompas.com, Jumat (16/10/2020).

Konstruksi inner liner menyatu dengan ban, sehingga menciptakan pori-pori yang lebih rapat dan tekanan udara ban lebih terjaga. Walaupun tekanan udara di ban lebih aman, ban tubeless juga perlu dirawat.

Baca juga: Doohan Sebut Wajar jika RC213V Dirancang buat Marc Marquez

Pelek Honda X-ADV memiliki desain khusus untuk ban tubeless.Donny Dwisatryo Priyantoro Pelek Honda X-ADV memiliki desain khusus untuk ban tubeless.

“Perawatan sih paling di tekanan udaranya saja, harus sesuai. Kemudian kalau ada benda asing yang menempel seperti paku, kawat, dan lainnya, segera dicopot, khawatir semakin besar bocornya,” kata Dodiyanto.

Perlu diingat, ketika ada benda asing menempel di ban tubeless, motor masih bisa dikendarai. Bawa motor ke tempat tambal ban, kemudian copot benda asing tersebut di sana dan langsung ditambal, jangan cabut sendiri karena udara pasti keluar semua.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.