Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kawasaki Mulai Kembangkan Mesin Hybrid untuk Motor

JAKARTA, KOMPAS.com - Kawasaki diketahui sedang mengembangkan motor listrik. Namun, belum lama ini paten dari desain Kawasaki bocor ke publik dan memperlihatkan pabrikan asal Jepang tersebut sedang mengembangkan mesin hybrid (hibrida).

Produsen sepeda motor selalu berlomba-lomba untuk menciptakan yang terbaik, baik efisiensi bahan bakarnya dan keramahan terhadap lingkungan. Tak terkecuali Kawasaki yang terkenal dengan motor-motor berperforma tinggi.

Dikutip dari Bennetts.co.uk, Kawasaki tidak berniat untuk memproduksi motor listrik secara massal. Sejak beberapa tahun belakangan ini, Kawasaki sudah mengajukan banyak paten untuk membuat motor hybrid.

Mesin tersebut menggabungkan mesin bensin dengan motor listrik, untuk mendapatkan dorongan performa dan efisiensi, sambil mengurangi emisi.

Belum ada purwarupa yang diperlihatkan dari pengembangan tersebut. Kawasaki juga belum mengeluarkan pernyataan terkait rencana pembuatan motor hybrid.

Paten dari Kawasaki menjelaskan bahwa gabungan dari mesin bensin dan motor listrik ini dapat disematkan pada transmisi konvensional. Sehingga, tiap motor listrik bisa memberikan tenaga pada motor, baik secara independen atau bersamaan.

Motor listrik ini juga disebutkan dapat berperan sebagai generator, mengecas aki saat mesin bensin digunakan dan dorongan tenaga dari motor listrik tidak digunakan.

Pada paten yang beredar, tuas gas yang digunakan dibuat berbeda. Terdapat tombol untuk memilih mode dan mengaktifkan dorongan tenaga dari motor listrik.

Menariknya, tombol tersebut akan mengikuti putaran gas. Sehingga, tombol tetap bisa ditekam, seberapa besar pun tuas gas dipelintir.

Tidak ada garansi yang menyebutkan teknologi tersebut akan sampai ke tahap produksi. Namun, Kawasaki sudah mengajukan setidaknya tujuh paten terpisah terkait motor hybrid dalam satu tahun belakangan ini. Hal tersebut menunjukkan keseriusan Kawasaki dalam mengembangkan motor hybrid.

Motor hybrid bukanlah sesuatu yang baru. Di Indonesia, Honda sudah memasarkan PCX Hybrid.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/10/17/071200115/kawasaki-mulai-kembangkan-mesin-hybrid-untuk-motor

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke