Deretan Skutik Bekas Murah Harga Rp 5 Jutaan

Kompas.com - 16/10/2020, 15:10 WIB
Motor tahun tua yang kondisinya masih orisinil masih banyak dicari. Donny Dwisatryo PriyantoroMotor tahun tua yang kondisinya masih orisinil masih banyak dicari.

JAKARTA, KOMPAS.com - Populasi sepeda motor matik atau skutik di Indonesia terus mengalami pertumbuhan sejak pertama kali dikenalkan pada awal tahun 2000-an.

Hal tersebut bisa terjadi lantaran skutik dipercaya warga Indonesia sangat efisien dan mudah digunakan di berbagai kondisi. Dengan bodi yang cenderung ringan, motor ini juga mampu menembus berbagai segmentasi pasar.

Pertumbuhan skutik yang sangat tinggi membuat berbagai produsen roda dua di Tanah Air tergoda untuk menawarkan produk serupa. Hingga pada akhirnya saat ini banyak pilihan model dan harga motor jenis skutik.

Baca juga: Daftar Harga Kijang Innova dan Fortuner Facelift di Jateng dan DIY

Tidak hanya untuk produk baru, motor jenis ini ternyata juga begitu populer di pasar motor bekas. Banyak pilihan skutik bekas tahun ‘muda’ yang dibanderol 5 jutaan.

Berikut Kompas.com rangkum skutik bekas harga Rp 5 jutaan dari berbagai sumber.

1. Honda BeAT 

(kanan) BeAT eSP Pop, skutik yang siap diekspor AHM ke Filipina.Agung Kurniawan (kanan) BeAT eSP Pop, skutik yang siap diekspor AHM ke Filipina.

PT Astra Honda Motor memperkenalkan skuter otomatis Honda Beat pada 2008. Skutik ini menjadi salah satu yang populer di pasar Indonesia.

Sejak awal kehadirannya, BeAT langsung bersaing dengan Yamaha Mio, Yamaha Nouvo dan Suzuki Spin. Namun, BeAT terus bertahan dari ketatnya persaingan skutik di pasar nasional hingga saat ini populasinya sudah di atas 15 juta unit.

Di pasar motor bekas, BeAT produksi 2010 dibanderol Rp 4,750 juta. Skutik ini belum mengenal sistem injeksi yakni PGM-FI terbaru sebagaimana model saat ini. Namun, mesin 110 cc-nya tetap lincah dan irit bahan bakar.

Sedangkan BeAT keluaran 2016, yang sudah menggunakan teknologi PGM-FI dan ESP dibanderol Rp 7.5 juta.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X