Toyota Fortuner Facelift Siap Meluncur, Apa Saja yang Berubah?

Kompas.com - 15/10/2020, 10:12 WIB
Tampilan baru Toyota Fortuner facelift IstimewaTampilan baru Toyota Fortuner facelift
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota siap meluncurkan penyegaran dari Fortuner pada 15 Oktober 2020. Mobil bergenre sport utility vehicle ( SUV) yang menjadi pesaing Mitsubishi Pajero Sport tersebut bakal hadir dengan beberapa pembaruan.

Mulai sektor eksterior, interior, hingga penambahan fitur yang membuat SUV ladder frame tersebut lebih modern. Proses peluncuran bakal dilakukan secara digital melalui Youtube pukul 11.00 WIB.

Biar tak penasaran apa saja soal perubahannya, nah beberapa waktu lalu sempat beredar bocoran dari brosurnya. Dikabarkan bila Fortuner akan memiliki banyak perbedaan dari model meski statusnya hanya sekadar facelift.

Baca juga: Simak Prediksi Harga Kijang Innova Facelift, Naik Rp 7 Jutaan

Melihat dari visual, ubahan paling kental terlihat dari tongkrongan depan yang hadir melalui model bumper dan gril baru. Terlihat grilnya dibuat lebih besar dengan sentuhan desain baru yang seakan dibuat menyatu dengan list pada lampu depan.

Tampilan baru Toyota Fortuner faceliftIstimewa Tampilan baru Toyota Fortuner facelift

Pada model TRD yang jadi varian tertinggi, kesan agresif lebih kental lagi dengan paket body kit yang banyak mendapat revisi. Urusan pencahayaan masih sama, lampu utama tetap LED, begitu juga dengan desain lampu kabutnya, rear lamp, serta bumper spoiler belakang.

Interior ikut mendapat pembaruan, paling kental dari balutan warna serba gelap yang dirancang guna mendongkrak nuansa mewah dan sporty.

Mulai baris pertama hingga ketiga, seluruh jok sudah terbungkus lapisan kulit.

Sedangkan urusan fitur, Toyota juga ikut menginstal beberapa perangkat baru. Mulai dengan wireless charger pada varian tertinggi, head unit baru yang sudah dilengkapi NFC seperti Corolla Cross monitor 360 derajat atau surround monitor.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

Akhirnya yang ditunggu-tunggu bocor juga, inilah tampilan dari Fortuner facelift versi Indonesia khususnya tipe TRD Sportivo! Sepertinya wajah Legender tidak dibawa ke sini, even buat tipe tertingginya, mereka lebih milih mengembangkan TRD Sportivo yang memang jadi tipe terlaris mobil ini. Dari foto-foto brosur ini, walau belum semuanya dibuka, bisa kelihatan apa saja yang baru di Fortuner facelift: 1. Semua tipe dapat lampu depan LED, foglamp LED dan lampu belakangnya juga model baru (di beberapa negara, tipe terendah Fortuner masih pakai lampu belakang model lama) 2. Tentunya buat tipe TRD Sportivo dapat add on bodykit baru serta desain peleknya juga baru (penasaran sama tipe non-TRD nya) 3. Tipe SRZ alias Fortuner mesin bensin 2.700 cc tetap tersedia 4. Tipe VRZ, SRZ, dan TRD Sportivo dapat head unit 9 inci model baru yang bisa NFC (cek saldo e-money macam Corolla Cross) 5. Selain itu, tipe VRZ, SRZ, dan TRD Sportivo juga dapat power tailgate with kick sensor (sebelumnya yang terakhir ini cuma ada di TRD) 6. Balik lagi ke head unit, khusus tipe TRD Sportivo dan VRZ 4x4 (sepertinya, kurang jelas soalnya) dapat kamera 360 derajat, ditambah Blind Spot Detection, Lane Departure Warning, Moving Object Detection, dan Headway Monitoring Warning 7. Tipe TRD Sportivo dan VRZ 4x4 juga dapat wireless charging yang lokasinya ada di bagian bawah dasbor #toyotafortuner #newfortuner #fortuner

A post shared by Indra Radian Fathan (@indra_fathan) on Sep 28, 2020 at 9:51pm PDT

Layar MID juga diikut mendapat penyegara bersama dengan hadirnya kaca spion kabin baru yang sudah mengusung teknologi automatic dims.

Menariknya lagi, dikabarkan juga Toyota sudah membenamkan fitur kick sensor power backdoor yang bisa membuka pintu bagasi hanya dengan mengoyangkan kaki saja.

Baca juga: Toyota Akan Hentikan Penjualan Land Cruiser?

Tampilan baru Toyota Fortuner faceliftIstimewa Tampilan baru Toyota Fortuner facelift

Walau punya segundang fitur modern, tapi untuk Toyota Safety Sense (TSS) sendiri masih belum disematkan.

Sebagai gantinya, berdasarkan brosur, diinformasikan bila sudah ada fitur blind spot detection, lane departure warning, moving object detection, serta headway monitoring warning.

Sementara untuk urusan pilihan varian kabarnya juga masih sama dengan versi lawas, yakni terdapat opsi mesin bensin dan diesel serta pengerak 4x2 dan 4x4.

Untuk 4x2 terdiri dari varian 2.4 G MT, 2.4 G AT, 2.4 VRZ AT, 2.7 SRZ At, 2.4 TRD AT, dan 2.7 TRD AT. Sementara untuk 4x4 diisi oleh 2.4 G AT dan 2.4 VRX AT.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X