Bukan Sekadar Hiasan, Ini Fungsi Garis di Kaca Belakang Mobil

Kompas.com - 15/10/2020, 09:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Mobil modern keluaran pabrikan saat ini sudah disematkan dengan berbagai fitur pelengkap untuk menunjang keselamatan dan kenyamanan ketika berkendara.

Salah satunya adalah garis-garis yang menempel di kaca belakang mobil atau yang dinamakan dengan defogger.

Dealer Technical Support Dept Head PT TAM Didi Ahadi menjelaskan, defogger atau anti-embun pada mobil memiliki fungsi yang cukup penting untuk menghilangkan embun pada kaca.

Baca juga: Berkendara Saat Hujan, Simak Tips Berikut agar Terhindar dari Kecelakaan

“Ketika dinyalakan, maka kawat tipis berupa garis horizontal yang biasanya terpasang di kaca bagian belakang akan teraliri panas. Dengan demikian, embun yang sudah terbentuk akan hilang karena adanya panas dari kawat tersebut,” ujar Didi saat dihubungi Kompas.com, Rabu (14/10/2020).

Defogger kaca belakang biasanya sudah jadi fitur standar di mobilyourmechanic.com Defogger kaca belakang biasanya sudah jadi fitur standar di mobil
Mengembunnya kaca bagian dalam terjadi karena suhu kabin lebih hangat dibandingkan suhu luar mobil. Defogger berfungsi menetralkan perbedaan suhu antara kaca bagian luar dan dalam.

Namun, perlu digarisbawahi bahwa defogger hanya berfungsi sebagai penghangat kaca untuk menghilangkan embun, tidak bisa membersihkan kotoran.

Baca juga: Mobil Rusak Karena Aksi Unjuk Rasa, Bisa Klaim Asuransi?

Selain itu, Didi mengingatkan pemilik mobil untuk menghidupkan defogger ketika kaca berembun saja.

“Setelah embun sudah hilang, lebih baik segera dimatikan agar visibilitas pengemudi tidak terganggu,” kata Didi.

Didi juga menyarankan kepada pengemudi mobil agar tetap menyalakan AC ketika berkendara di tengah hujan untuk mengantisipasi munculnya embun.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.