Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Hari Peluncuran, Uji Tabrak Fortuner Facelift Dapat Bintang 5

Kompas.com - 13/10/2020, 16:51 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Toyota Fortuner facelift pertama kali diluncurkan di Thailand pada Agustus lalu. Sementara di Indonesia, PT Toyota Astra Motor (TAM) telah memastikan peluncurannya pada 15 Oktober mendatang.

Sebagai model baru, Fortuner facelift baru saja menjalani uji tabrak yang diselenggarakan ASEAN NCAP. SUV ladder frame ini mendapatkan hasil bintang 5 dengan total skor 87,46 dari nilai maksimal 100.

Secara lebih rinci, perlindungan Fortuner facelift untuk penumpang dewasa mendapat 47,27 poin, untuk penumpang anak 22,13 poin, dan 18,06 poin untuk fitur keselamatan.

Baca juga: Begini Gaya Mengemudi yang Bikin Boros BBM

Fortuner telah menjalani uji tabrak melalui Toyota Hilux yang memiliki platform sama.ASEAN NCAP Fortuner telah menjalani uji tabrak melalui Toyota Hilux yang memiliki platform sama.

Untuk diketahui, pengujian memang tidak langsung dilakukan pada Fortuner facelift. Melainkan pada pikap Hilux terbaru yang menggunakan platform sama.

Pengujian Fortuner melalui Hilux bukan kali pertama. Sebelumnya pada 2016, ASEAN NCAP juga memberikan penilaian bintang 5 berdasarkan pengujian pada Hilux.

“Untuk penilaian saat ini, ASEAN NCAP memperluas hasil penilaian Toyota Hilux terbaru pada SUV itu (Fortuner),” tulis pernyataan ASEAN NCAP dalam laman resminya.

Baca juga: Jangan Dekat-dekat dengan Truk Walaupun Sedang Berhenti

Brosur Toyota Fortuner yang tersebar di media sosialInstagram/@b_channel_indonesia Brosur Toyota Fortuner yang tersebar di media sosial

“Yang memiliki perbandingan perlindungan penumpang terhadap pikap dengan desain identik dan sistem ketahanan serupa pada kelayakan kecelakaan, berdasarkan bukti teknis yang diberikan Toyota,” katanya.

Selain dipasarkan di Thailand dan Indonesia, Fortuner facelift juga diekspor ke beberapa negara ASEAN, seperti Kamboja, Laos, Vietnam, Myanmar, Brunei Darussalam, dan Singapura.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com