Banyak yang Belum Tahu, Ini Makna di Balik Nomor Motor Pebalap MotoGP

Kompas.com - 13/10/2020, 15:41 WIB
Valentino Rossi saat berlaga di MotoGP Misano. (Photo by ANDREAS SOLARO / AFP) ANDREAS SOLAROValentino Rossi saat berlaga di MotoGP Misano. (Photo by ANDREAS SOLARO / AFP)

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi seorang pebalap, sebuah nomor kendaraan memang bukanlah sembarang simbol. Selain sebagai penanda pembeda dari satu rider ke rider lainnya, nomor motor juga terkadang memiliki arti tersendiri bagi masing-masing pebalap.

Dilansir dari motorcyclesports.net, Selasa (13/10/2020), inilah arti dari nomor para pebalap MotoGP:

1. Valentino Rossi - 46

Pebalap Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi, saat beraksi di Sirkuit Le Mans, Perancis.AFP/JEAN-FRANCOIS MONIER Pebalap Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi, saat beraksi di Sirkuit Le Mans, Perancis.

Nomor 46 digunakan oleh Valentino Rossi karena nomor itulah yang dipakai sang ayah, Graziano Rossi saat memenangi balapan di Rijeka pada 1979, yang juga merupakan tahun kelahiran The Doctor. Bahkan, ia tidak mengubahnya sekalipun saat menjadi juara dunia.

2. Maverick Vinales - 12

Sejak kecil Maverick Vinales selalu menggunakan nomor 12, karena angka tersebut merupakan tanggal lahirnya. Sempat memakai nomor 25 pada saat turun di GP125 2011, dan menggunakan nomer 40 pada alasan komersial dengan tim Pons Racing, ia kembali menggunakan nomor 25 saat kembali ke MotoGP 2015.

Namun pada akhirnya, Vinales memutuskan untuk menggunakan kembali nomor 12 dengan alasan ia pernah mengalahkan Marc Marquez saat memakai nomor tersebut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Mau Berburu Toyota Innova Bekas, Mulai Rp 80 Jutaan

3. Marc Marquez - 93

Marc Marquez saat berlaga di GP Andalusia 2020HRC Marc Marquez saat berlaga di GP Andalusia 2020

Alasan Marc Marquez menggunakan nomor 93 karena merupakan tahun kelahirannya yaitu 1993. Ia pertama kali menggunakan di FIM CEV dan terus menggunakan sampai sekarang.

4. Alex Marquez - 73

Halaman Selanjutnya
Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.