Halte Dibakar Massa, TransJakarta Modifikasi Koridor

Kompas.com - 09/10/2020, 14:41 WIB
Shelter Transjakarta Tosari ICBC di Jalan M.H Thamrin, tepatnya di depan  Gedung UOB, Menteng, Jakarta  Pusat, Kamis  (8/10/2020) malam, dibakar massa. IstimewaShelter Transjakarta Tosari ICBC di Jalan M.H Thamrin, tepatnya di depan Gedung UOB, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (8/10/2020) malam, dibakar massa.
|

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Transportasi Jakarta (TransJakarta) kembali beroperasi secara normal dengan melakukan beberapa penyesuaian di sejumlah koridor seiring dengan aksi demonstran untuk menolak UU Cipta Kerja.

Kepala Divisi Sekretaris Korporasi dan Humas PT TransJakarta Nadia Diposanjoyo mengatakan pascainsiden aksi massa yang berujung pengrusakan, aktivitas bus normal.

"Usai aksi massa yang berujung pengrusakan berupa pembakaran disertai penjarahan beberapa halte kemarin malam (8/10/2020) oleh oknum tak bertanggung jawab, layanan Transjakarta kini tetap beroperasi pukul 05:00 WIB - 19:00 WIB" katanya, Jumat (9/10/2020).

Baca juga: Sempat Terhenti Karena Demo, Bus Transjakarta Kembali Beroperasi

Sejumlah fasilitas umum mengalami kerusakan saat demonstrasi menolak UU Cipta Kerja di Jakarta, Kamis (8/10/2020). Halte transjakarta, alat berat, pos polisi, kendaraan dirusak dan dibakar massa.KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMO Sejumlah fasilitas umum mengalami kerusakan saat demonstrasi menolak UU Cipta Kerja di Jakarta, Kamis (8/10/2020). Halte transjakarta, alat berat, pos polisi, kendaraan dirusak dan dibakar massa.

Adapun keputusan ini dilakukan untuk melayani warga DKI Jakarta yang masih harus beraktivitas. Guna memastikan keamanan pengguna, berikut sejumlah modifikasi dan penyesuaian koridor TransJakarta:

Pada koridor 1 (Blok M - Kota), untuk sementara tidak berhenti di Halte Polda sampai dengan Halte Bank Indonesia. Tapi jangan khawatir, bus akan keluar jalur dan berhenti di bus stop Non BRT.

Kemudian, TransJakarta mengoperasikan rute tambahan yaitu rute Non BRT GR1 untuk pelanggan yang biasa menggunakan layanan halte terdampak.

Baca juga: Demo Bentrok, Pertamina Pastikan Pasokan BBM Tetap Lancar

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

Informasi layanan Transjakarta yang beroperasi per 9 Oktober 2020. . . Transjakarta akan beroperasi pada pukul 05:00 - 19:00 WIB. Informasi rute selengkapnya dapat dilihat pada gambar. . . Para pelanggan diharapkan tetap menggunakan masker, menjaga jarak serta mematuhi aturan yang berlaku yang dapat juga dilihat pada gambar di atas guna mencegah penyebaran Covid - 19. . . Informasi layanan terkini akan selalu diupdate melalui kanal media sosial Transjakarta. Jika memiliki pertanyaan terkait layanan Transjakarta, hubungi 1500-102 atau mention akun twitter resmi Transjakarta @pt_transjakarta (http://bit.ly/twittertije) atau pilih menu halo TiJe pada aplikasi Tije. #TiJeTanggapCorona #BangkitBersama #JakartaTangguh

A post shared by PT Transportasi Jakarta (@pt_transjakarta) on Oct 8, 2020 at 9:31am PDT

Koridor 2 (Pulogadung – Harmoni) langsung menuju halte Monas.
Koridor 4 (Pulogadung – Tosari) terjadi perpendekan rute, hanya sampai Halte Dukuh Atas
Koridor 5 (Ancol – Kampung Melayu), dari Senin naik melalui Flyover
Koridor 6 (Ragunan – Halimun) mengalami perpendekan, hanya melayani sampai Halte Halimu
Koridor 13 (Ciledug – Tendean) hanya sampai Blok M dan Halimun

Ini rute yang beroperasi normal:

1. Koridor 3 (Kalideres - Pasar Baru)
2. Koridor 7 (Kampung Rambutan – Kampung Melayu)
3. Koridor 8 (Lebak Bulus – Harmoni)
4. Koridor 9 (Pinang Ranti – Pluit) Koridor 10 (Tanjung Priok – PGC 2)
5. Koridor 11 (Kampung Melayu – Pulogebang
6. Koridor 12 (Penjaringan – Sunter Kelapa Gading)

Sejumlah fasilitas umum mengalami kerusakan saat demonstrasi menolak UU Cipta Kerja di Jakarta, Kamis (8/10/2020). Halte transjakarta, alat berat, pos polisi, kendaraan dirusak dan dibakar massa.KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMO Sejumlah fasilitas umum mengalami kerusakan saat demonstrasi menolak UU Cipta Kerja di Jakarta, Kamis (8/10/2020). Halte transjakarta, alat berat, pos polisi, kendaraan dirusak dan dibakar massa.

"Transjakarta mengimbau seluruh pelanggan untuk berhati hati, waspada dan selalu mengedepankan keselamatan diri dan keluarga," kata Nadia.

"Tetap dirumah namun jika harus keluar dan menggunakan layanan Transjakarta selalu pastikan 3M yakni memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak," ujarnya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X