Mengenal Istilah Bus Mbois dan Banter, Apa Artinya?

Kompas.com - 03/10/2020, 07:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Zaman sekarang, bus-bus yang ada di Indonesia sudah memiliki desain lebih modern. Selain itu, banyak juga kru yang menambahkan aksesoris seperti stiker maupun lampu LED warna-warni.

Saat ini juga penggemar bus semakin marak keberadaannya. Ada juga istilah-istilah yang diberikan pada bus, seperti bus mbois maupun banter. Lalu apa maksud dari istilah-istilah ini?

Anggota Forum Bismania Indonesia, Dimas Raditya mengatakan, istilah mbois ini merupakan sebuah slang dari bahasa Jawa yang artinya keren.

Baca juga: Waspada Trik Ini Sering Dipakai Pedagang Motor Bekas

Bus AKAPJalur Bus Bus AKAP

Mbois itu istilah bahasa Jawa yang artinya keren. Jadi kalau ada yang bilang bus mbois, berarti bus itu keren,” ucap Dimas kepada Kompas.com, Jumat (2/10/2020).

Memang keren ini subyektif, berdasarkan siapa yang menilainya. Namun untuk saat ini, banyak modifikasi seperti pemasang winglet di bumper depan yang disebut gaya JDM atau memasang lampu strobo warna-warni di seluruh bodi dan kabin bus.

Baca juga: Begini Cara Menyalip Bus di Jalan Tol, Pakai Rumus PDA

Sedangkan untuk bus banter, Dimas mengatakan kalau arti dari banter yaitu kencang, jadinya bus kencang. Sejak dulu, bus memang terkenal dengan kemampuan pengemudinya yang sering menyetir dalam kecepatan tinggi.

“Kencang di sini bisa bus yang top speednya tinggi ataupun cara membawa pengemudinya yang sering menyalip, sehingga cepat sampai di tujuan,” kata Dimas.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.