Mulai Musim Hujan, Begini Cara Bersihkan Cakram Motor

Kompas.com - 03/10/2020, 06:31 WIB
Rem Cakram pada motor Rem Cakram pada motor
Penulis Ari Purnomo
|

SEMARANG, KOMPAS.com - Perangkat pengereman kendaraan bermotor sudah sewajibnya dalam kondisi tetap prima saat digunakan. Tidak hanya pada mobil, tetapi juga sepeda motor.

Maka dari itu, perawatan perlu dilakukan oleh setiap pemilik kendaraan untuk menjaga agar sistem pengurang laju kendaraan tersebut bisa bekerja dengan sempurna.

Terlebih memasuki musim hujan seperti sekarang ini, maka perawatan kendaraan sebaiknya juga lebih ditingkatkan. Hal ini karena air hujan memberikan banyak efek yang tidak baik pada kendaraan bermotor.

Salah satu efek yang sering terjadi jika malas membersihkan kendaraan setelah diguyur hujan adalah munculnya karat pada bagian tertentu, salah satunya adalah bagian cakram.

Baca juga: Ini Sanksi Buat Pengendara yang Tak Punya SIM

Jika kondisi ini dibiarkan, bukan tidak mungkin akan mengganggu kinerja pengereman dan menimbulkan ketidaknyamanan.

Ilustrasi berkendara saat hujanastramotor.co.id Ilustrasi berkendara saat hujan

Fachrul Reza, Senior Instructor Astra Motor Training Center Semarang, mengatakan, rem ini merupakan perangkat yang sangat vital pada kendaraan, tidak hanya pada sepeda motor.

“Rem adalah salah satu faktor penting dalam keselamatan berkendara di segala medan. Rem berfungsi untuk mengurangi kecepatan kendaraan yang kita gunakan,” ujarnya kepada Kompas.com, Jumat (2/10/2020).

Sehingga, Reza menambahkan, pengendara dapat mengatur kecepatan kendaraan sesuai dengan kondisi yang dihadapi.

Baca juga: Perpanjang Masa Berlaku SIM di Layanan Keliling, Begini Alurnya

Perawatan rem cakram yang perlu dilakukan setelah kendaraan melaju di bawah guyuran air hujan.

“Apabila kita kebetulan berkendara dalam kondisi hujan, maka sehabis sampai tempat tujuan, tunggulah beberapa menit agar cakram sedikit turun suhunya,” ucapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X