Jok Vespa Sean Wotherspoon Pakai Korduroi, Perawatan Mesti Ekstra

Kompas.com - 03/10/2020, 07:22 WIB
Vespa Primavera x Sean Wotherspoon IstimewaVespa Primavera x Sean Wotherspoon

JAKARTA, KOMPAS.com - Vespa Primavera edisi Sean Wotherspoon hadir dengan paduan warna menarik. Selain warna, perbedaan edisi ini yaitu memakai jok berbahan korduroi.

Jok korduroi warna coklat itu menjadi daya tarik karena tak lazim dipakai di motor. Tapi konsekuensinya yaitu butuh perhatian ekstra sebab bahannya beda dengan kulit biasa. 

Korduroi punya tekstur berbulu, jika sering terpapar panas warnanya bisa jadi gelap karena ''matang'' atau malah luntur alias bladus, belum lagi kalau basah bakal lebih sulit kering.

Baca juga: Dampak Buruk Terlalu Sering Cuci Mobil

Vespa Primavera x Sean WotherspoonIstimewa Vespa Primavera x Sean Wotherspoon

Dennil Sagita, pemilik bengkel Scooter VIP mengatakan, jika motor seharga Rp 85 juta itu bakal sering dipakai dan khawatir jok mudah kotor maka bisa diakali pakai pelapis jok transparan.

"Satu-satunya jalan bisa dilapisi pakai kulit jok sintetis sebagai cover jok (plastik). Pakai yang bening, transparan, agar warna dan lapisan beludrunya (korduroi) tetap terlihat," kata Dennil kepada Kompas.com, Jumat (2/10/2020).

Tapi jika motor jarang dipakai dan hanya keluar jika ada acara khusus seperti sunmori dan lainnya maka tidak perlu dilapis. Hanya saja pastikan beri perhatian lebih untuk perawatan.

"Perawatannya sehabis dicuci langsung dijemur, kalau mendung bisa langsung dikeringkan pakai vacum cleaner. Kalau ada kotoran yang nempel baiknya pakai cairan yang berbusa," katanya.

Baca juga: Vespa GTS dan Sprint 150 Edisi Racing Sixties Resmi Meluncur

Vespa Primavera x Sean WotherspoonIstimewa Vespa Primavera x Sean Wotherspoon

"Mesti ekstra keras bersihinnya apalagi kalau kena tinta atau bahan makanan yang mengandung kimia. Kalau bisa siapin sikat gosok pelan pelan dan siapkan lap microfiber," kata Dennil.

Kucing

Selain perawatan agar jok tetap prima, Dennil juga menyarankan jika tidak dipakai sebaiknya jok ditutupi cover. Sebab bahan yang sedikit bervbulu tersebut merupakan tempat nyaman kucing.

"Biar tidak merusak lapisan joknya, soalnya bahan beludru biasanya kesukaan kucing buat nyender nyari posisi," kata Dennil.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.