Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Deretan Pilihan Skutik Bekas Harga Rp 3 Jutaan

Kompas.com - 27/09/2020, 08:01 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 yang belum juga usai, membuat kebiasaan masyarakat khususnya di wilayah DKI Jakarta alami perubahan. Salah satunya adalah, masyarakat enggan menggunakan transportasi umum dan lebih memilih untuk menggunakan transportasi pribadi.

Terkait hal ini sales diler motor bekas Songsi Motor Darwin Danubrata mengatakan, untuk motor bekas yang cukup diminati saat ini adalah skutik dengan harga murah di bawah Rp 5 jutaan salah satunya Honda Beat. 

“Ini bisa jadi karena masyarakat masih takut tertular virus kalau naik kendaraan umum, makanya mereka beralih untuk membeli kendaraan pribadi namun dengan harga terjangkau,” ujar Darwin saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (26/9/2020).

Baca juga: Hasil Kualifikasi MotoGP Catalunya, Rossi Start Urutan Ketiga

Bagi Anda yang sedang mencari motor bekas Rp 3 jutaan untuk menemani mobilitas sehari-hari, berikut pilihannya:

1. Yamaha Mio Generasi Pertama

Yamaha Mio Yamaha Mio


Pilihan pertama jatuh pada Yamaha Mio. Hadir dengan mesin berkapasitas 113cc, motor ini sempat menjadi primadona bahkan menggeser posisi motor bebek secara perlahan.

Terbukti dengan total penjualannya yang terhitung sejak muncul pertama kali di 2003 hingga 2013 menyentuh lebih dari 7 juta unit.

Motor ini bisa menjadi solusi Anda yang ingin mencari skutik murah harga Rp 3 jutaan. Berdasarkan situs jual beli kendaraan, motor ini dibanderol mulai dari Rp 2 jutaan hingga Rp 3,4 juta.

2. Honda BeAT Generasi Pertama

(kanan) BeAT eSP Pop, skutik yang siap diekspor AHM ke Filipina.Agung Kurniawan (kanan) BeAT eSP Pop, skutik yang siap diekspor AHM ke Filipina.

Honda BeAT menjadi salah satu skutik paling laris di Indonesia. Selain murah, motor ini memiliki desain yang ramping sehingga cocok untuk menemani mobilitas di perkotaan.

Honda BeAT generasi pertama ini dibekali dengan mesin 108cc dan masih menggunakan pembakaran karburator. Meski dianggap punya konsumsi bahan bakar yang boros, motor ini terbilang irit pada zamannya.

Motor ini dibanderol dengan kisaran harga Rp 3,2 juta sampai Rp 4 jutaan di situs jual beli motor bekas.

Baca juga: Jelang Kualifikasi, Vinales Kuasai FP4 MotoGP Catalunya

3. Suzuki Skywave

tampilan Suzuki Skywave milik Yosef Ari Setyawan yang dimodif menjadi injeksiistimewa tampilan Suzuki Skywave milik Yosef Ari Setyawan yang dimodif menjadi injeksi

Selanjutnya, datang dari kubu Suzuki yaitu Skywave. Motor ini dibekali mesin 125cc, cc yang lumayan untuk sebuah motor matik.

Suzuki Skywave ini bisa didapat dengan harga Rp 2 juta hingga Rp 3 juta di beberapa lapak pasar motor bekas online.

4. Suzuki Spin

Skutik Suzuki Spin 125 yang kurang laris di pasaranIstimewa Skutik Suzuki Spin 125 yang kurang laris di pasaran

Masih dari Suzuki, ada lagi pilihan motor matik dengan harga Rp 3 jutaan yaitu Suzuki Spin. Kalau dilihat sekilas bentuknya mirip dengan Yamaha Mio, hanya saja Suzuki Spin lebih ramping jika dilihat dari depan.

Suzuki Spin memiliki kelebihan yang sama dengan Suzuki Skywave yaitu dibekali dengan mesin 125cc. Hanya saja memang motor ini termasuk jarang ada di diler motor bekas.

Kisaran harga bekas motor ini Rp 2 jutaan sampai Rp 3 jutaan saja.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com