Pindah ke Petronas, Rossi Sedih Pisah dengan 2 Mekanik Paling Setianya

Kompas.com - 26/09/2020, 12:41 WIB
Valentino Rossi Foto: AutosportValentino Rossi

JAKARTA, KOMPAS.com - Valentino Rossi akan pindah ke tim satelit Petronas Yamaha untuk musim 2021. Rossi akan bertukar posisi dengan Fabio Quartararo.

Rossi punya tradisi untuk memboyong tim mekanik kepercayaannya ke mana pun dia pindah. Namun, untuk kali ini hal tersebut tidak berlaku lagi.

Baca juga: Mengenal Kunci Sukses di Belakang Rossi, Mereka Dipercaya dan Loyal

"Apa yang kami dapat tahun lalu luar biasa dari segi struktur. Ini tahun kedua kami dan kami tidak mau mengubah 360 derajat hanya karena satu orang," kata Razlan Razali, bos Petronas Yamaha Sepang Racing Team, dikutip dari Crash.net.

Tim mekanik kepercayaan Valentino Rossi di MotoGPBola.net Tim mekanik kepercayaan Valentino Rossi di MotoGP

Dikutip dari The-Race.com, Rossi hanya akan membawa tiga mekanik saja bersamanya. Kepala mekanik David Munoz, teknisi data Matteo Flamigni, dan pelatih balap Idalio Gavira.

Dua mekanik yang terpaksa berpisah adalah Alex Briggs dan Brent Stephenz. Briggs sudah menjadi bagian dari tim Rossi sejak musim 2000. Sedangkan Stephens, bergabung dengan tim Rossi saat pindah ke Yamaha, tepatnya musim 2004 lalu.

Baca juga: Cerita Mekanik Valentino Rossi Soal Balapan MotoGP di Tengah Pandemi

Dilansir dari Tuttomotoriweb, Rossi menyampaikan kesedihannya tidak bisa membawa Briggs dan Stephenz yang sudah menemani sepak terjangnya di MotoGP.

"Saya sangat menyesal untuk Alex dan Brent, mereka ingin ikut dengan saya, tapi itu tidak mungkin. Mereka berkata pada saya bahwa mereka ingin berada di sisi saya selama saya balapan dan mereka ingin pensiun bersama saya," kata Rossi.

Rossi menambahkan, dirinya sangat sedih tidak bisa bersama lagi dengan kedua mekaniknya di pit tahun depan dan melalui balapan terakhir bersama.

"Setiap saya memasuki pit, saya merasa seperti pulang ke rumah. Kami telah bekerja sama selama 20 tahun dan mereka adalah keluarga saya," ujar Rossi.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

You may have heard the news that I will not be following the Rider to Petronas next year. Although I wanted to see out his career and he tried to make that a reality, it was not what the Petronas team had in mind. Also I have known since Jerez that there is no place for me in the Monster Factory team next year. So I am now a free agent and would consider offers but most likely will stay in Australia next year after 28 seasons working in the world championship for the best riders in racing history. But this is not the biggest news! The big news is the garage doors in Barcelona have been replaced. No longer can you cut your finger off when closing it. ???? Talk soon. Alex. #wrenchracer #motogp

A post shared by Alex Briggs (@wrench_racer) on Sep 25, 2020 at 12:06am PDT

Lewat akun Instagram pribadinya, Briggs mengaku sudah tahu tak akan lagi berada di tim Rossi musim depan. Mulai tahun depan, dia juga menyebutkan akan menjadi pengangguran karena tak mendapat posisi juga di tim pabrikan.

"Anda mungkin sudah mendengar kabar bahwa saya tidak akan bersama pebalap saya di Petronas tahun depan. Sekalipun saya ingin menemaninya hingga pensiun, tapi bukan itu yang tim Petronas pikirkan," tulis Briggs, dalam unggahan Instagram-nya.

"Sejak seri Jerez, saya sudah tahu tidak ada tempat bagi saya di tim pabrikan Monster tahun depan. Jadi sekarang saya free agent dan saya mempertimbangkan tawaran dari tim lain, meskipun hampir pasti saya akan tinggal di Australia tahun depan setelah 28 musim bekerja dengan pebalap terbaik di dunia," tulis Briggs.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X