Apa Fungsi Sekat antara Kabin Pengemudi dan Penumpang di Bus AKAP?

Kompas.com - 25/09/2020, 10:42 WIB
Sekat antara pengemudi dan penumpang kabarpenumpang.comSekat antara pengemudi dan penumpang

JAKARTA, KOMPAS.com – Bus antarkota antarprovinsi (AKAP) menawarkan kenyamanan pada kabinnya. Salah satu yang menunjang kenyamanan tersebut yaitu adanya sekat antara bagian depan dan kabin penumpang.

Biasanya ketika memasuki bus, akan ada pintu lagi yang ada di tengah sekat tersebut. Kemudian pada sisi kiri dan kanan, pintu sekat, ada kaca bening agar penumpang tetap bisa melihat ke depan saat bus berjalan.

Marketing Staff Karoseri Tentrem, Dimas Raditya, mengatakan, selain menunjang kenyamanan, sekat di kabin bus bisa menjadi ruang merokok bagi pengemudi dan kru yang di depan.

Baca juga: Rencana Pajak Mobil Baru Nol Persen, Harga Avanza dkk Jadi Rp 100 Jutaan

Sekat antara pengemudi dan penumpang busHappy Bus Sekat antara pengemudi dan penumpang bus

“Salah satu fungsinya yaitu bisa menjadi smoking room di bagian depan bus. Adanya sekat juga bisa membantu mengurangi asap rokok yang masuk ke bagian penumpang,” kata Dimas kepada Kompas.com, belum lama ini.

Bagi penumpang yang ingin merokok juga diperbolehkan untuk ke bagian depan bus. Mengingat kabin penumpang yang memakai AC dan di kaca pengemudi dan pintu depan, ada jendela geser yang bisa dibuka, sehingga asap rokok bisa keluar.

Fungsi lainnya yaitu bisa mengurangi risiko cedera saat kecelakaan. Jika ada sekat, penumpang tidak akan terlempar ke bagian depan bus. Selain itu, pernah juga terjadi penumpang yang mengganggu pengemudi sehingga bus kehilangan kendali.

Baca juga: Daftar Mobil Bekas Rp 60 Jutaan, dari Jazz hingga Camry

Sekat ini menggunakan rangka besi, kemudian dilapis dengan plastik ABS dan pakai kaca tempered. Kalau bagian depan bus menabrak, pecahan kaca enggak sampai kena langsung ke penumpang,” ucap Dimas.

“Kekurangan dari sekat ini, untuk penumpang yang senang duduk di hot seat atau kursi paling depan, pemandangannya agak terhalangi, sehingga kurang luas,” kata dia.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X