Pahami Penyebab Keyless Entry Mobil Bisa Bermasalah

Kompas.com - 25/09/2020, 11:22 WIB
Ilustrasi sistem Keyless. istIlustrasi sistem Keyless.

JAKARTA, KOMPAS.com - Fitur keyless entry semakin lazim ditemui pada mobil keluaran terbaru saat ini, dilengkapi dengan remote untuk membuka dan mengunci pintu. Terkadang, fitur ini bisa tidak berfungsi normal di beberapa lokasi.

Kondisi ini jangan lantas berasumsi kalau remote mobil rusak, karena banyak faktor lain yang bisa mempengaruhi. Paling sering, remote bermasalah karena secara sinyal terganggu.

Service Head Auto2000 Bekasi Sapta Agung Nugraha mengatakan, apabila remote terkena gangguan frekuensi pemancar radio atau BTS sudah pasti lebih sulit membuka dan mengunci pintu.

Baca juga: Kenali Dua Perilaku Tipe Pengendara di Jalan Raya

“Jadi bukan karena remotenya yang bermasalah, tapi di sekitar terganggu oleh sinyal, maka pintu mobil tetap bisa dikunci atau dibuka, hanya saja lebih lama,” ujar Sapta belum lama ini kepada Kompas.com di Jakarta.

Jika baterai remote keyless habis, hanya tinggal hadapkan logo Toyota pada tombol engine start stop.Ghulam/Otomania Jika baterai remote keyless habis, hanya tinggal hadapkan logo Toyota pada tombol engine start stop.

Sapta melanjutkan, faktor lain bisa juga disebabkan oleh baterai di dalam remote tersebut sudah lemah, sehingga kinerjanya menjadi tidak optimal. Oleh sebab itu, perlu diperhatikan juga usia baterai atau pemakaiannya.

Baca juga: Mengemudi di Permukiman Harus Ekstra Hati-hati

“Kalau belum sempat mengganti baterai, yang star atau stop engine tetap bisa menyalakan mesin. Caranya mendekatkan atau menempelkan remote ke tombol start atau stop hingga lampu berwarna hijau. Selanjutnya injak pedal rem dan tekan tombol tersebut sampai mesin menyala,” kata Sapta.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X