Mitos atau Fakta, Berkendara Saat Hujan Baru Turun Lebih Berbahaya?

Kompas.com - 23/09/2020, 07:12 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Cuaca di DKI Jakarta dan sekitarnya belakangan ini lebih sering hujan ketimbang cerah. Kondisi jalan yang licin membuat pengendara harus lebih berhati-hati saat berkendara.

Terutama saat hujan baru saja turun. Pasalnya, banyak pengendara yang memacu motornya lebih cepat untuk mencari tempat berteduh atau agar tidak kebasahan.

Padahal kondisi permukaan jalan yang kering dan tiba-tiba basah, berisiko tinggi menyebabkan kecelakaan, ketimbang permukaan jalan yang basah sepenuhnya.

Baca juga: Lelang Mobil Sitaan Ditjen Pajak, Avanza Hanya Rp 63 Juta

Ilustrasi berkendara saat hujanastramotor.co.id Ilustrasi berkendara saat hujan

Founder & Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu, mengatakan, pengendara diimbau tidak berkendara agresif saat hujan baru turun.

“Saat hujan baru turun kondisi jalan relatif lebih licin. Karena perlu diketahui, aspal di jalan mengandung minyak yang belum tersapu sepenuhnya saat awal-awal hujan,” ucap Jusri, kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

“Selain itu daya cengkeram ban selama beberapa saat belum mampu beradaptasi, sehingga roda bisa kehilangan traksi secara tiba-tiba,” katanya.

Baca juga: Ini 10 Mobil Bekas Rp 50 Jutaan di Balai Lelang

Salah satu kondisi jalan yang berbahaya ketika basah, luberan lumpur.Donny Apriliananda Salah satu kondisi jalan yang berbahaya ketika basah, luberan lumpur.

Oleh karena itu, Jusri menyarankan kepada para pengguna motor untuk memperhatikan permukaan jalan saat kondisi hujan.

Hindari kebiasaan membetot tuas gas dan melaju lebih agresif sekadar untuk mencari tempat untuk berteduh atau memakai jas hujan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.