Pilih Jas Hujan Warna Cerah atau Punya Scotlight

Kompas.com - 22/09/2020, 19:01 WIB
Pengendara sepeda motor mengenakan jas hujan saat terjadi hujan di Jalan Katedral, Sawah Besar, Jakarta Pusat, Minggu (22/12/2019). Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memberikan informasi dini cuaca ektrem yang akan melanda sejumlah wilayah di Indonesia pada hari Minggu (22/12/2019), dan Senin (23/12/2019). KOMPAS.com/M LUKMAN PABRIYANTOPengendara sepeda motor mengenakan jas hujan saat terjadi hujan di Jalan Katedral, Sawah Besar, Jakarta Pusat, Minggu (22/12/2019). Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memberikan informasi dini cuaca ektrem yang akan melanda sejumlah wilayah di Indonesia pada hari Minggu (22/12/2019), dan Senin (23/12/2019).
|


JAKARTA, KOMPAS.com - Hujan bisa turun kapan saja dan mengganggu aktivitas. Karena itu sedia jas hujan sebelum hujan merupakan hal wajib buat pengendaran sepeda motor.

Ludhy Kusuma, Safety Riding Development Section Head PT Daya Adicipta Motora, main dealer Honda untuk Jawa Barat, mengatakan, untuk jas hujan sebisa mungkin pilih yang memiliki warna terang.

Baca juga: Biker, Jangan Biasakan Angkat Kaki Saat Melewati Genangan Air

“Karena ketika turun hujan, tingkat penglihatan pengendara akan berkurang dikarenakan terhalangi oleh air hujan,” kata Ludhy belum lama ini.

Jas hujan transparan yang dijual oleh produsen perlengkapan balap AHRSKompasOtomotif/Alsadad Rudi Jas hujan transparan yang dijual oleh produsen perlengkapan balap AHRS

Ludhy mengatakan pemilihan warna yang cerah dan mencolok agar memudahkan pengendara lain dalam melihat keberadaan kita. Jika kurang terang setidaknya punya bagian pemantul (scotlight) atau mata kucing yang menyala jika terkena sinar.

Untuk model jas hujan, Ludhy mengtakan pilih yang model setelah atas bawah. Model seperti ini paling baik karena tidak menggangu gerak pengendara di atas motor.

Jas hujan poncoFoto: GridOto.com Jas hujan ponco

Baca juga: Akhir Pekan, Gerbang Tol Gunung Putri Terapkan Sistem Buka Tutup

Selain itu jangan menggunakan jas hujan jenis ponco. Walaupun ukurannya besar dan bisa melindungi tubuh pengendara, jas hujan jenis ini berisiko tersangkut di motor sendiri atau orang lain.

“Selain itu, jas hujan tipe ponco akan menghalangi pandangan dari pengendara lain apabila tertiup angin dan akan menyebabkan kecelakaan juga," ujar Ludhy.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X