Pakai Busi Racing untuk Motor Harian, Malah Mubazir

Kompas.com - 21/09/2020, 19:21 WIB
Busi motor Injeksi zona435412Busi motor Injeksi

JAKARTA, KOMPAS.comBusi merupakan komponen yang penting pada mesin motor. Selain itu, busi juga memiliki peruntukannya masing-masing, ada yang khusus untuk balap, ada juga yang cocok untuk digunakan harian.

Lalu bagaimana efeknya jika motor yang biasa digunakan untuk keperluan harian, memakai busi untuk balap? Apakah pemilik kendaraan akan merasakan performa motor yang lebih baik?

Technical Support NGK Busi Indonesia, Diko Oktaviano mengatakan, mengganti busi biasa dengan yang khusus balap pada motor harian tidak ada pengaruhnya pada performa motor.

Baca juga: Joan Mir Bisa Curi Gelar Juara Dunia MotoGP 2020

Penampakan arus lalu lintas di Puncak Pass Bogor sampai Masjid AttaAwun mengalami kemacetan sekitsr pukul 13.42 WIB, Minggu (21/6/2020)KOMPAS.COM/AFDHALUL IKHSAN Penampakan arus lalu lintas di Puncak Pass Bogor sampai Masjid AttaAwun mengalami kemacetan sekitsr pukul 13.42 WIB, Minggu (21/6/2020)

“Memasang busi balap spesifikasinya harus disesuaikan dengan mesinnya. Kalau mesinnya tidak sesuai spesifikasinya, cenderung tidak ada efeknya,” kata Diko kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Diko juga menambahkan, harga busi untuk balap yang lebih mahal, malah akan membuat pemilik membuang-buang uang, karena tidak menimbulkan efek performa yang membaik. Jika memang mau pakai busi balap, modifikasi mesin juga perlu dilakukan.

“Perumpamaannya begini, busi balap akan bekerja optimal pada suhu yang tinggi. Sedangkan pada kondisi harian, suhu mesin tidak mencapai suhu tersebut, jadi hasilnya kurang optimal,” ucap Diko.

Baca juga: Mengenal Aturan Track Limit yang Bikin Quartararo Ngamuk Gagal Podium

Kalau memang ingin meningkatkan performa motor harian, bisa dengan mengganti busi dengan bahan yang lebih baik, misalnya iridium. Namun perlu diperhatikan juga dengan nomor suku cadangnya agar tidak terjadi masalah pada performa motornya.

“Ujung elektroda busi iridium yang kecil menjadikan bunga api lebih fokus, sehingga pembakarannya lebih baik dan awet,” kata Technical Service Division PT. Astra Honda Motor, Endro Sutarno kepada Kompas.com.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.