Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pakai Busi Racing untuk Motor Harian, Malah Mubazir

JAKARTA, KOMPAS.com – Busi merupakan komponen yang penting pada mesin motor. Selain itu, busi juga memiliki peruntukannya masing-masing, ada yang khusus untuk balap, ada juga yang cocok untuk digunakan harian.

Lalu bagaimana efeknya jika motor yang biasa digunakan untuk keperluan harian, memakai busi untuk balap? Apakah pemilik kendaraan akan merasakan performa motor yang lebih baik?

Technical Support NGK Busi Indonesia, Diko Oktaviano mengatakan, mengganti busi biasa dengan yang khusus balap pada motor harian tidak ada pengaruhnya pada performa motor.

“Memasang busi balap spesifikasinya harus disesuaikan dengan mesinnya. Kalau mesinnya tidak sesuai spesifikasinya, cenderung tidak ada efeknya,” kata Diko kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Diko juga menambahkan, harga busi untuk balap yang lebih mahal, malah akan membuat pemilik membuang-buang uang, karena tidak menimbulkan efek performa yang membaik. Jika memang mau pakai busi balap, modifikasi mesin juga perlu dilakukan.

“Perumpamaannya begini, busi balap akan bekerja optimal pada suhu yang tinggi. Sedangkan pada kondisi harian, suhu mesin tidak mencapai suhu tersebut, jadi hasilnya kurang optimal,” ucap Diko.

Kalau memang ingin meningkatkan performa motor harian, bisa dengan mengganti busi dengan bahan yang lebih baik, misalnya iridium. Namun perlu diperhatikan juga dengan nomor suku cadangnya agar tidak terjadi masalah pada performa motornya.

“Ujung elektroda busi iridium yang kecil menjadikan bunga api lebih fokus, sehingga pembakarannya lebih baik dan awet,” kata Technical Service Division PT. Astra Honda Motor, Endro Sutarno kepada Kompas.com.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/09/21/192100915/pakai-busi-racing-untuk-motor-harian-malah-mubazir

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke