Perilaku Konsumen Suzuki Selama Pandemi

Kompas.com - 16/09/2020, 08:42 WIB
Ilustrasi bengkel resmi Suzuki melayani perbaikan bodi dan cat. SISIlustrasi bengkel resmi Suzuki melayani perbaikan bodi dan cat.

JAKARTA, KOMPAS.com – Pandemi Covid-19 ternyata tak menyurutkan minat konsumen untuk melakukan perbaikan bodi dan cat mobil. PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) mencatat kinerja bengkel Body Repair and Paint (BP) mengalami peningkatan unit entry atau mobil konsumen yang masuk.

Walaupun sempat mengalami penurunan pada kuartal II/2020 karena dampak virus corona, pada Agustus lalu kinerja bengkel BP Suzuki rupanya lebih tinggi 43 persen dibandingkan bulan Mei yang menjadi waktu paling sepi.

Bahkan pada sepanjang Januari hingga Agustus 2020, jumlah entry bengkel BP Suzuki lebih tinggi 5,3 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Baca juga: Pidana dan Denda, Jadi Sanksi Pesepeda yang Terobos Tol Jagorawi

Diler baru Suzuki dibuka di Yogyakarta.Suzuki Indomobil Sales Diler baru Suzuki dibuka di Yogyakarta.

Riecky Patrayudha, 4W, 2W, Marine Service Director PT SIS, mengatakan, banyak konsumen merasa perawatan kendaraan tetap penting selama pandemi.

Hal inilah yang menjadi alasan mengapa unit entry bengkel BP bahkan mengalami peningkatan dibandingkan tahun lalu.

“Justru di saat intensitas penggunaan mobil berkurang, konsumen memanfaatkannya untuk memperbaiki tampilan mobilnya agar seperti baru kembali sebelum digunakan untuk beraktivitas lagi,” ujar Riecky, dalam keterangan tertulis (15/9/2020).

Baca juga: Aturan Bus AKAP Angkut Penumpang Selama PSBB Ketat

Ilustrasi Bengkel Suzuki yang melayani perbaikan bodi dan catSIS Ilustrasi Bengkel Suzuki yang melayani perbaikan bodi dan cat

Riecky juga menambahkan, konsumen yang datang ke bengkel BP umumnya melakukan repaint karena bodi tergores atau repair karena bodi penyok.

Pada Agustus lalu, dari total unit entry bengkel BP, sebanyak 61,8 persen masuk dalam kategori perbaikan ringan. Sementara 25,6 persen perbaikan menengah dan 12,6 persen perbaikan berat.

Sedangkan untuk bengkel BP yang mengalami peningkatan unit entry yang signifikan pada Agustus dibandingkan Mei lalu, ada di Jawa Barat yang naik 40,9 persen.

Baca juga: Tips Ampuh Cegah Tikus Masuk ke Ruang Mesin Mobil

Ilustrasi perawatan berkala di bengkel Suzuki                SIS Ilustrasi perawatan berkala di bengkel Suzuki

Kemudian Kalimantan yang pada Agustus 2020 naik 27,3 persen, dan disusul Jawa Timur yang meningkat 20,3 persen.

Untuk diketahui, saat ini Suzuki memiliki 27 outlet yang menyediakan fasilitas Body Repair dan Repaint yang tersebar di seluruh Indonesia. Jaringan bengkel BP ini selalu menerapkan protokol kesehatan untuk menjamin layanan terbaik bagi konsumen.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X