Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perilaku Konsumen Suzuki Selama Pandemi

Kompas.com - 16/09/2020, 08:42 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Pandemi Covid-19 ternyata tak menyurutkan minat konsumen untuk melakukan perbaikan bodi dan cat mobil. PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) mencatat kinerja bengkel Body Repair and Paint (BP) mengalami peningkatan unit entry atau mobil konsumen yang masuk.

Walaupun sempat mengalami penurunan pada kuartal II/2020 karena dampak virus corona, pada Agustus lalu kinerja bengkel BP Suzuki rupanya lebih tinggi 43 persen dibandingkan bulan Mei yang menjadi waktu paling sepi.

Bahkan pada sepanjang Januari hingga Agustus 2020, jumlah entry bengkel BP Suzuki lebih tinggi 5,3 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Baca juga: Pidana dan Denda, Jadi Sanksi Pesepeda yang Terobos Tol Jagorawi

Diler baru Suzuki dibuka di Yogyakarta.Suzuki Indomobil Sales Diler baru Suzuki dibuka di Yogyakarta.

Riecky Patrayudha, 4W, 2W, Marine Service Director PT SIS, mengatakan, banyak konsumen merasa perawatan kendaraan tetap penting selama pandemi.

Hal inilah yang menjadi alasan mengapa unit entry bengkel BP bahkan mengalami peningkatan dibandingkan tahun lalu.

“Justru di saat intensitas penggunaan mobil berkurang, konsumen memanfaatkannya untuk memperbaiki tampilan mobilnya agar seperti baru kembali sebelum digunakan untuk beraktivitas lagi,” ujar Riecky, dalam keterangan tertulis (15/9/2020).

Baca juga: Aturan Bus AKAP Angkut Penumpang Selama PSBB Ketat

Ilustrasi Bengkel Suzuki yang melayani perbaikan bodi dan catSIS Ilustrasi Bengkel Suzuki yang melayani perbaikan bodi dan cat

Riecky juga menambahkan, konsumen yang datang ke bengkel BP umumnya melakukan repaint karena bodi tergores atau repair karena bodi penyok.

Pada Agustus lalu, dari total unit entry bengkel BP, sebanyak 61,8 persen masuk dalam kategori perbaikan ringan. Sementara 25,6 persen perbaikan menengah dan 12,6 persen perbaikan berat.

Sedangkan untuk bengkel BP yang mengalami peningkatan unit entry yang signifikan pada Agustus dibandingkan Mei lalu, ada di Jawa Barat yang naik 40,9 persen.

Baca juga: Tips Ampuh Cegah Tikus Masuk ke Ruang Mesin Mobil

Ilustrasi perawatan berkala di bengkel Suzuki                SIS Ilustrasi perawatan berkala di bengkel Suzuki

Kemudian Kalimantan yang pada Agustus 2020 naik 27,3 persen, dan disusul Jawa Timur yang meningkat 20,3 persen.

Untuk diketahui, saat ini Suzuki memiliki 27 outlet yang menyediakan fasilitas Body Repair dan Repaint yang tersebar di seluruh Indonesia. Jaringan bengkel BP ini selalu menerapkan protokol kesehatan untuk menjamin layanan terbaik bagi konsumen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com