Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jadi Kendaraan Niaga, Suzuki Jimny 2-Seater Meluncur di Inggris

Kompas.com - 10/09/2020, 09:22 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Pada Juli lalu, Suzuki di Eropa mengumumkan untuk tidak lagi menjual Jimny. SUV ini terpaksa discontinue lantaran sudah tak memenuhi aturan standar emisi baru yang diterapkan pada 2021.

Berselang dua bulan, Suzuki kembali mengumumkan bahwa Jimny akan kembali dijual. Namun kali ini sebagai kendaraan komersial. Tujuannya agar mobil ini bisa dipasarkan sesuai standar yang ditetapkan.

Menurut laporan Autocar, homologasi kendaraan komersial tunduk pada rata-rata emisi kendaraan Uni Eropa yang lebih longgar ketimbang mobil penumpang, yakni 147g/km.

Baca juga: Wuling Victory, Penantang Kijang Innova Seharga Low MPV

Kabin Suzuki Jimny versi kendaraan niagasuzuki.co.uk Kabin Suzuki Jimny versi kendaraan niaga

Sementara, undang-undang Uni Eropa mewajibkan setiap pabrikan memproduksi kendaraan penumpang dengan rata-rata emisi CO2 maksimum 95g/km.

Suzuki Jimny pun kembali lagi ke pasaran, dengan beberapa ubahan. Terutama di bagian eksterior dan interior.

Dari luar perbedaan paling kentara terlihat dari bagian kaki-kaki, yang kini menggunakan pelek kaleng berwarna hitam, namun dengan profil ban 195/80 R15 yang sama dengan model sebelumnya.

Baca juga: Baru Meluncur, Toyota Yaris Baru Langsung Diskon Rp 15 Juta

Suzuki Jimny versi kendaraan niaga tak mendapat ubahan teknis dari versi sebelumnya.suzuki.co.uk Suzuki Jimny versi kendaraan niaga tak mendapat ubahan teknis dari versi sebelumnya.

Ubahan banyak malah datang dari interior. Berbeda dengan model sebelumnya yang bisa menampung empat orang, Jimny versi mobil komersial hanya menyediakan dua kursi penumpang.

Alhasil luas bagasi bertambah menjadi 863 liter, dari sebelumnya 33 liter saja. Termasuk adanya partisi pengaman untuk mencegah kargo masuk ke ruang kabin bagian depan.

Dari sisi fitur, mobil ini juga masih mengusung Dual Sensor Brake Support (DSBS) dengan pengereman darurat otomatis, serta hill hold and descent control, serta eCall emergency assist.

Baca juga: Honda Jazz Terbalik di GT Cibubur, Ngantuk Jangan Maksa Nyetir

Test Drive Suzuki JimnyKompas.com/Dio Test Drive Suzuki Jimny

Dalam keterangan resminya, Suzuki mengklaim tak ada ubahan teknis pada Jimny. Secara dimensi mobil ini masih berukuran (PxLxT) 3.480 mm x 1.645 mm x 1.720 mm, dan wheelbase 2.250 mm.

SUV ini juga masih mengusung mesin K15B 1.500 cc bertenaga 75 kW atau setara 100 tk dan torsi 130 Nm. Namun urusan penyalur tenaga, Jimny terbaru ini hanya tersedia dalam pilihan transmisi manual 5-percepatan dengan sistem penggerak 4x4 AllGrip Pro.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com