Yamaha Tes Knalpot Baru Demi Tingkatkan Performa di MotoGP

Kompas.com - 16/09/2020, 08:22 WIB
Knalpot model baru pada Yamaha M1 milik Rossi @skysportmotogpKnalpot model baru pada Yamaha M1 milik Rossi

JAKARTA, KOMPAS.com - Akhir pekan ini, MotoGP akan digelar lagi di Sirkuit Misano, Italia. Namun, sebelum mulai balapan, semua pabrikan menjalani sesi tes terlebih dahulu.

Salah satu pabrikan yang terlihat mengetes komponen baru adalah Yamaha. Terlihat pada motor M1 milik Valentino Rossi, menggunakan knalpot model baru.

Baca juga: Rossi Mengaku Lega Dikalahkan Anak Didik di MotoGP San Marino

Knalpot baru ini terlihat jelas karena dimensinya sangat panjang. Knalpot tersebut dibuat menjulang ke atas dengan model free flow.

Knalpot model baru pada Yamaha M1 milik Rossi@skysportmotogp Knalpot model baru pada Yamaha M1 milik Rossi

Berbanding terbalik dengan knalpot Akrapovic sebelumnya yang pendek dengan model slice cut dan ditutupi grille model honey comb pada lubang silencer-nya.

Belum ada komentar dari Rossi mengenai impresinya akan knalpot baru ini. Tapi, diyakini upaya tersebut untuk mendongkrak performa mesin yang belakangan ini menjadi salah satu kelemahan Yamaha.

Baca juga: Joan Mir Minta Maaf Curi Podium dari Rossi

Dikutip dari MotoGP.com, knalpot model panjang ini juga diyakini untuk mendapatkan tenaga di putaran menengah. Sehingga, pebalap tidak terlalu bergantung pada putaran tinggi yang dapat membuat mesin bekerja lebih keras.

Knalpot model baru pada Yamaha M1 milik Rossi@skysportmotogp Knalpot model baru pada Yamaha M1 milik Rossi

Solusi yang serupa pernah dilakukan oleh Suzuki beberala waktu lalu. Namun, baru Rossi saja pebalap Yamaha yang mengetes knalpot tersebut.

Baca tentang


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X