Tips Ampuh Cegah Tikus Masuk ke Ruang Mesin Mobil

Kompas.com - 15/09/2020, 12:02 WIB
Tikus berukuran normal (kiri) dan tikus super yang memilki massa otot dan tulang lebih besar (kanan). SCIENCE ALERT/Se-Jin Lee/PLOS One/2007Tikus berukuran normal (kiri) dan tikus super yang memilki massa otot dan tulang lebih besar (kanan).
Penulis Ari Purnomo
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Mobil yang jarang dipakai selama Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), tetap perlu dijaga kondisinya.

Selain memastikan komponennya tetap dalam kondisi baik, keberadaan mobil saat parkir juga diusahakan jauh dari jangkauan hewan perusak seperti tikus.

Jika tikus sudah pernah masuk ke ruang mesin atau kabin, ada kemungkinan hewan pengerat tersebut akan kembali datang.

Ruang mesin atau kabin yang pernah didatangi tikus tentunya akan rawan mengalami kerusakan, mengingat sifat dari tikus adalah gemar menggigit benda apapun termasuk kabel-kabel kelistrikan mobil.

Baca juga: Bisakah Membayar Pajak Kendaraan Sebelum Jatuh Tempo?

Untuk mencegah hewan pengerat datang kembali, ada beberapa tips yang bisa dilakukan oleh pemilik kendaraan.

1. Pilih tempat parkir yang aman

Ilustrasi mobil terparkir.THINKSTOCKPHOTOS Ilustrasi mobil terparkir.

Cara yang pertama untuk mencegah tikus datang dan masuk ke ruang mesin adalah memilih tempat yang aman.

Aman dalam hal ini tidak hanya dari aksi pencurian saja, tetapi juga dari jangkauan hewan-hewan yang bisa masuk ke dalam mobil.

Pemilik bengkel spesialis matik Worner Matic Hermas Efendi Prabowo mengatakan, tempat yang aman salah satunya adalah di garasi yang tertutup dan jauh dari area kebun.

Baca juga: Saat Bayar Pajak STNK Asli Hilang, Bisa Pakai Foto Copy?

“Biasanya yang dekat dengan area kebun lebih rawan didatangi oleh tikus yang bisa merusak kabel dan juga selang-selang,” ujarnya kepada Kompas.com belum lama ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X