Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Awas Macet, Besok Ada Peralihan Jalur di Tol Cipularang

Kompas.com - 15/09/2020, 17:40 WIB
Stanly Ravel,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi pengguna mobil yang akan melintasi Tol Cipularang, arah ke Bandung atau Jakarta, harap waspada. Pasalnya PT Jasamarga Japek Selatan (JJS) bersama Jasamarga Metropolitan Tollroad (JMTO) bakal menerapkan rekayasa lalu lintas mulai 16 sampai 17 September 2020.

Rekayasa lalu lintas dilakukan terkait dimulainya pengerjaan pemasanan gelagar jembatan (erection girder) yang terletak di Ramp 7 (Km75+800), Simpang Susun Sadang yang melintas di atas Jalan Tol Cipularang, arah Jakarta dan menuju Bandung.

PT JJS akan melakukan pekerjaan pemasanan erection girder pada Ramp 7 sebanyak empat gelagar yang masing-masing memiliki panjang 40,8 meter.

Prosesnya sendiri akan dilakukan pada window time, yakni pukul 01:00-04:00 WIB yang sebelumnya diawali persiapan teknis pada hari ini pukul 23.00 WIB.

Baca juga: Pidana dan Denda, Jadi Sanksi Pesepeda yang Terobos Tol Jagorawi

Sudjianto, Pimpinan Proyek Paket 3 PT JSS, mengatakan pihaknya bersama JMTO dan kepolisian akan melakukan rekayasa lalu lintas dengan menggunakan peralihan jalur atau detour.

Pekerjaan erection girder di Jalan Tol Cipularang.Dok. PT Jasamarga Metropolitan Tollroad Pekerjaan erection girder di Jalan Tol Cipularang.

"Kendaraan akan dialihkan melalui detour yang telah disediakan pada sisi bahu jalan tol pada kedua arah, baik Bandung maupun Jakarta," ucap Sudjianto dalam keterangan resminya, Selasa (15/9/2020).

Sementara untuk kendaraan yang menuju Jakarta melewati Gerbang Tol (GT) Sadang, dialihkan melalui jalan nasional dan masuk kembali di GT Cikampek.

Untuk pengguna jalan yang menuju Bandung melalui GT Sadang tetap berjalan normal atau tidak ada pengalihan.

Menurut Sudjianto, pengalihan lalu lintas hanya diberlakukan saat pemasangan erection girder berlangsung pada Ramp 7 Km 75+800 Jalan Tol Cipularang.

Baca juga: Konfirmasi Esemka Soal Kemunculan SUV Garuda 1 di Permendagri

Tarif Baru Tol Cipularang dan Padaleunyi ditundaKementerian PUPR Tarif Baru Tol Cipularang dan Padaleunyi ditunda

 

Untuk rincian titik awal pengalihan lalu lintas sendiri sebagai berikut ;

- Arah Jakarta dimulai dari Km 74+650 sampai dengan Km 76+400
- Arah Bandung dimulai pada Km 77+450 sampai dengan Km 75+400.

"Jasa Marga dan JJS memohon maaf atas ketidaknyamanan yang timbul akibat pekerjaan tersebut. Jasa Marga mengimbau pengguna jalan agar tetap berhati-hati, memperhatikan rambu-rambu dan arahan petugas, serta mengatur waktu perjalanannya," ucap Sudjianto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com