Yamaha Siapkan R1 dan R6 dengan Spesifikasi Balap

Kompas.com - 15/09/2020, 17:01 WIB
Yamaha R1 dan R6 dengan spesifikasi balap dijual untuk umum Motosaigon.vnYamaha R1 dan R6 dengan spesifikasi balap dijual untuk umum

JAKARTA, KOMPAS.com - Yamaha YZF-R1 dan YZF-R6 merupakan motor supersport yang banyak digemari. Motor ini masih memiliki DNA yang sama dengan motor MotoGP Yamaha YZR-M1.

Kedua motor ini banyak juga digunakan untuk keperluan balap, baik balap resmi atau sekadar track day. Untuk itu, Yamaha Jepang menawarkan paket siap balap untuk R1 dan R6.

Baca juga: R1 Replika Petronas Yamaha Dijual Hanya 46 Unit, Tembus Rp 800 Juta

Dikutip dari MotoSaigon.vn, perbedaan paling utama tentu ada pada performa mesinnya. Namun sayangnya, tidak disebutkan secara detail berapa peningkatan tenaga atau kemampuan akselerasinya.

Yamaha R1 dan R6 dengan spesifikasi balap dijual untuk umumMotosaigon.vn Yamaha R1 dan R6 dengan spesifikasi balap dijual untuk umum

Secara spesifik, Yamaha menyematkan ECU khusus dengan kemampuan menyesuaikan fuel injector lebih fleksibel. ECU khusus tersebut dikombinasikan juga dengan sistem gas elektronik yang spesial.

Selaku motor balap, R1 dan R6 juga akan dilucuti komponen yang tidak diperlukan, seperti spion, sistem pencahayaan, klakson, footstep belakang, sepatbor belakang, dan lainnya. Tujuannya untuk mengejar bobot yang lebih ringan.

Baca juga: Yamaha Perkenalkan R3 dan R1 Edisi Khusus di EICMA

Untuk paket siap balap ini, R1 dibanderol 2.255.000 yen atau sekitar Rp 317 jutaan. Sedangkan R6, dibanderol 1.243.000 yen atau sekitar Rp 174 jutaan. Jika dipesan dari Indonesia, tentu ada penambahan biaya pajak dan lainnya.

Di Indonesia, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing ( YIMM) memasarkan R1 dengan harga Rp 605 juta (OTR Jakarta) dan R1M dengan Rp 812 juta (OTR Jakarta).

Yamaha R1 dan R6 dengan spesifikasi balap dijual untuk umumMotosaigon.vn Yamaha R1 dan R6 dengan spesifikasi balap dijual untuk umum

R1 dan R6 dengan paket siap balap tersebut sudah bisa dipesan hingga akhir September 2020 dan akan mulai dikirim ke konsumen pada Januari 2021.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X