Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Jasa Marga Naikkan Tarif Tol Cipularang dan Padaleunyi

Kompas.com - 05/09/2020, 16:56 WIB
Ruly Kurniawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jasa Marga (Persero) Tbk menyatakan bahwa penyesuaian tarif pada ruas Jalan Tol Cipularang dan Padaleunyi seharusnya telah dilakukan pada Februari 2020.

Hal ini sesuai dengan amanat pemerintah melalui Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) No. 1128/KPTS/M/2020 dan No. 1116/KPTS/M/2020.

Namun rencana ini mendapat penyesuaian kembali seiring dengan terjadinya pandemi Covid-19 di Tanah Air, sebagaimana dijelaskan Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru.

Baca juga: Kenaikan Tarif Tol Cipularang dan Padaleunyi buat Mobil Pribadi

Kemacetan panjang terjadi saat pemberlakuan contraflow di KM 91 Tol Cipularang, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, Selasa (3/9/2019). Pemberlakuan contraflow tersebut diberlakukan selama proses olah TKP kecelakaan beruntun di KM 91 oleh petugas berwenang.ANTARA FOTO/RAISAN AL FARISI Kemacetan panjang terjadi saat pemberlakuan contraflow di KM 91 Tol Cipularang, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, Selasa (3/9/2019). Pemberlakuan contraflow tersebut diberlakukan selama proses olah TKP kecelakaan beruntun di KM 91 oleh petugas berwenang.

"Jasa Marga menerima surat keputusan Menteri PUPR terkait penyesuaian tarif tol pada Juni dan Juli 2020 lalu. Memang baru direncanakan akan diberlakukan (penyesuaian) di September ini," katanya, Sabtu (5/9/2020).

Adanya pemunduran penyesuaian tarif ini oleh Kementerian PUPR dan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT), kata Heru lagi, menandakan bahwa keputusan penyesuaian tarif tol bukan kebijakan mendadak.

"Penundaan penyesuaian tarif tol selama kurang lebih 7 bulan ini menandakan bahwa pemerintah yang diwakilkan oleh Kementerian PUPR dan BUJT, telah mempertimbangkan dampak dari pandemi Covid-19 terhadap ekonomi masyarakat," ujar Heru.

"Jadi bukannya kita tidak melihat situasi (pandemi), sudah dipikirkan dan Jasa Marga juga masih membuka segala masukkan dari masyarakat," tandasnya.

Baca juga: Besok Naik, Ini Simulasi Tarif Baru Tol dari Jakarta ke Bandung

Setelah diberlakukan penyesuaian tarif pada hari ini, Sabtu (5/9/2020), Jasa Marga mendapatkan respon dari masyarakat dan dengan mempertimbangkan masukan-masukan tersebut perseroan mengambil inisiatif untuk memberlakukan diskon tarif bagi kendaraan pribadi.

“Diskon yang diberlakukan adalah diskon tarif untuk Golongan I. Dengan adanya diskon ini maka pengguna jalan Golongan I membayar tarif sesuai dengan jumlah semula sebelum tarif disesuaikan (tarif awal)," kata Heru.

Adapun diskon tersebut berlaku mulai Minggu, 6 September 2020 pukul 00.00. Belum ada informasi lanjut batas waktu keringanan tarif ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com