Mobil Parkir Lama Saat PSBB Ketat, Awas Bensin Bisa Basi

Kompas.com - 11/09/2020, 13:02 WIB
Mobil sedang mengisi bensin subsidi. Tribunnews/ NurudinMobil sedang mengisi bensin subsidi.
Penulis Ari Purnomo
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di wilayah DKI Jakarta otomatis akan membuat penggunaan mobil juga akan berkurang.

Bahkan kendaraan roda empat yang sebelumnya rutin digunakan sehari-hari akan lebih banyak terparkir di garasi atau halaman rumah.

Kondisi ini tentunya akan berdampak pada komponen kendaraan termasuk juga kualitas bahan bakar yang ada di dalam tangki.

Bukan tidak mungkin, karena saking lamanya mobil tidak digunakan kualitas bensin di dalam tangki akan berkurang atau basi.

Ahli Konversi Energi dari Fakultas Teknik dan Dirgantara Institut Teknologi Bandung Tri Yuswidjajanto Zaenuri menjelaskan, bensin basi bisa terjadi karena tercampur dengan zat kimia lain yang ada di dalam tangki.

Baca juga: Saat Jakarta PSBB Ketat, Bayar Pajak Kendaraan 5 Tahunan Bisa Online?

"Oleh karena itu, ketika kendaraan ditinggal lama tangki bahan bakar diusahakan harus dalam keadaan penuh atau dikosongkan," ujar tri kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Pada kesempatan berbeda, Executive Coordinator Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Bambang Supriyadi mengatakan, basi yang terjadi pada bensin mungkin yang dimaksud adalah berkurangnya kualitasnya.

Perawatan tangki bahan bakar kendaraanOtomania/Setyo Adi Perawatan tangki bahan bakar kendaraan

Hal ini salah satunya dikarenakan bahan bakar tersebut tercampur zat lain yang ada di dalam tangki.

"Bukan cairan bensinnya yang berubah, namun karena ada campuran lain. Sehingga, bisa mengubah bensin secara kualitas," kata Bambang.

Di samping itu, Bambang juga mengatakan, penguapan atau pun kondensasi juga rentan terjadi di dalam tangki bahan bakar.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.