Jakarta PSBB Lagi, Begini Cara Aman Naik Ojek Online

Kompas.com - 11/09/2020, 12:02 WIB
Intercom helm GridOtoIntercom helm

JAKARTA, KOMPAS.com - Pembatasan Sosial Berskala Besar ( PSBB) di Jakarta akan diperketat lagi Senin, 14 September 2020. Belum dijelaskan apakah ojek online ( ojol) boleh mengangkut penumpang.

Walau bagaimanapun, sudah seharusnya sebagai penumpang untuk menerapkan protokol kesehatan demi mencegah penyebaran virus corona.

Baca juga: Kata Organda Soal Pembatasan Operasional dan Penumpang di PSBB

Selain menggunakan masker dan membawa hand sanitizer, beberapa kebiasaan yang perlu dilakukan adalah membawa helm sendiri dan menggunakan sarung tangan.

Ilustrasi sarung tangan berkendaraIstimewa Ilustrasi sarung tangan berkendara

Sony Susmana, Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), mengatakan, ada baiknya menggunakan helm yang memiliki perlindungan maksimal.

"Harusnya lebih baik full face, jadi benar-benar tertutup dan bisa memberikan proteksi yang lebih maksimal. Paling tidak bisa menghindari droplet dari pengendara ketika berbicara atau mungkin saat pengendara tersebut batuk," kata Sony, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Sony mengatakan, sebenarnya penggunaan helm full face tak hanya untuk penumpang, tapi juga untuk pengendaranya. Sebab, bisa memberikan perlindungan dari lingkungan sekitar yang mungkin saja menjadi penyebaran Covid-19 ketika sedang berkendara.

Baca juga: PSBB Kembali Diberlakukan, Bagaimana Aktifitas Diler di Jakarta?

Selain helm, satu hal lain yang kerap diabaikan penumpang adalah penggunaan sarung tangan. Padahal sarung tangan juga menjadi hal yang diwajibkan bagi penumpang motor di tengah masa pandemi.

"Penggunaan sarung tangan tak bisa diabaikan karena terkait masalah kebersihan atau higienis. Dengan menggunakan sarung tangan, setidaknya bisa meminimalisasi kotoran atau debu selama perjalanan," ujar Sony.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X