Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Usai Kicks e-Power, Nissan Siapkan Leaf untuk Indonesia

Kompas.com - 04/09/2020, 14:22 WIB
Stanly Ravel,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Peluncuran Kicks e-Power rupanya menjadi pintu bagi Nissan Indonesia untuk memperkenalkan jajaran kendaraan listrik lainnya di Tanah Air.

Seperti diketahui, beberapa waktu lalu sudah dinyatakan bila Nissan akan meluncurkan Note e-Power dan Leaf yang merupakan kendaraan listrik murninya.

Namun karena satu dan lain hal, Note e-Power gagal masuk lantaran secara segmen dianggap kurang sesuai serta digantikan dengan Kicks e-Power. Setelah compact SUV ini, ke depan Nissan bakal membawa Leaf ke Indonesia.

Baca juga: Perdana Geber Nissan Kicks e-Power, Torsinya Instan

Hal ini pun sesuai janji Presiden Direktur Nissan Indonesia Isao Sekiguchi beberapa waktu lalu, namun ada perubahan rencana lantaran Leaf baru akan masuk Tanah Air pada awal 2021 mendatang.

Tes drive Nissan Leaf Tes drive Nissan Leaf

"Ada perubahan jadwal, namun kami masih berencana untuk membawa Leaf ke Indonesia. Segera di paruh pertama tahun depan," ucap Sekiguchi dalam sesi tanya jawab virtual, Rabu (2/9/2020).

Penundaan Leaf masuk ke Indonesia dikarenakan beberapa hal, paling utama soal kesiapak infrastruktur. Lantaran Leaf merupakan mobil listrik murni, maka dibutuhkan ketersediaan charging station yang memadai.

Sementara kondisi saat ini sendiri, pembangunan infrastruktur untuk pengisian daya kendaran listrik masih terus berjalan dan membutuhkan waktu. Karena itu, akhirnya Nissan lebih memilih mendatangkan Kicks e-Power lebih dulu.

Baca juga: Ini yang Bikin Nissan Pede Jual Kicks e-Power di Indonesia

Bagus Susanto, Marketing Director Nissan Indonesia, juga mengatakan hal senada. Menurut dia, misi besar Nissan secara garis besarnya adalah menciptakan lingkungan yang dan menekan angka fatalitas.

Mesin Nissan Kicks e-PowerKOMPAS.COM/STANLY RAVEL Mesin Nissan Kicks e-Power

Melalui Nisan Kicks e-Power, diharapkan menjadi jembatan untuk ke depannya Nissan bisa membawa ragam produk elektrifikasi lainnya di Tanah Air, apalagi pemerintah juga sedang menggalakan hal yang sama.

"Indonesia menjadi beberapa dari negara pertama yang memasarkan Kicks e-Power di dunia, dan ini menjadi momen penting bagi Nissan. Untuk Leaf, dari awal memang sudah kami janjikan meluncur di Indonesia, dan sampai saat ini pun masih akan melakukan itu," ucap Bagus.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com