Usai Kicks e-Power, Nissan Siapkan Leaf untuk Indonesia

Kompas.com - 04/09/2020, 14:22 WIB
Nissan Leaf di Karawang, Jawa Barat. Nissan Leaf di Karawang, Jawa Barat.
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Peluncuran Kicks e-Power rupanya menjadi pintu bagi Nissan Indonesia untuk memperkenalkan jajaran kendaraan listrik lainnya di Tanah Air.

Seperti diketahui, beberapa waktu lalu sudah dinyatakan bila Nissan akan meluncurkan Note e-Power dan Leaf yang merupakan kendaraan listrik murninya.

Namun karena satu dan lain hal, Note e-Power gagal masuk lantaran secara segmen dianggap kurang sesuai serta digantikan dengan Kicks e-Power. Setelah compact SUV ini, ke depan Nissan bakal membawa Leaf ke Indonesia.

Baca juga: Perdana Geber Nissan Kicks e-Power, Torsinya Instan

Hal ini pun sesuai janji Presiden Direktur Nissan Indonesia Isao Sekiguchi beberapa waktu lalu, namun ada perubahan rencana lantaran Leaf baru akan masuk Tanah Air pada awal 2021 mendatang.

Tes drive Nissan Leaf Tes drive Nissan Leaf

"Ada perubahan jadwal, namun kami masih berencana untuk membawa Leaf ke Indonesia. Segera di paruh pertama tahun depan," ucap Sekiguchi dalam sesi tanya jawab virtual, Rabu (2/9/2020).

Penundaan Leaf masuk ke Indonesia dikarenakan beberapa hal, paling utama soal kesiapak infrastruktur. Lantaran Leaf merupakan mobil listrik murni, maka dibutuhkan ketersediaan charging station yang memadai.

Sementara kondisi saat ini sendiri, pembangunan infrastruktur untuk pengisian daya kendaran listrik masih terus berjalan dan membutuhkan waktu. Karena itu, akhirnya Nissan lebih memilih mendatangkan Kicks e-Power lebih dulu.

Baca juga: Ini yang Bikin Nissan Pede Jual Kicks e-Power di Indonesia

Bagus Susanto, Marketing Director Nissan Indonesia, juga mengatakan hal senada. Menurut dia, misi besar Nissan secara garis besarnya adalah menciptakan lingkungan yang dan menekan angka fatalitas.

Mesin Nissan Kicks e-PowerKOMPAS.COM/STANLY RAVEL Mesin Nissan Kicks e-Power

Melalui Nisan Kicks e-Power, diharapkan menjadi jembatan untuk ke depannya Nissan bisa membawa ragam produk elektrifikasi lainnya di Tanah Air, apalagi pemerintah juga sedang menggalakan hal yang sama.

"Indonesia menjadi beberapa dari negara pertama yang memasarkan Kicks e-Power di dunia, dan ini menjadi momen penting bagi Nissan. Untuk Leaf, dari awal memang sudah kami janjikan meluncur di Indonesia, dan sampai saat ini pun masih akan melakukan itu," ucap Bagus.

 



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X