Perdana Geber Nissan Kicks e-Power, Torsinya Instan

Kompas.com - 04/09/2020, 13:02 WIB
Review Nissan Kicks e-Power Kompas.comReview Nissan Kicks e-Power
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebelum peluncurannya, pada akhir Agustus 2020 lalu redaksi mendapat kesempatan untuk menjajal langsung sensasi singkat mengendarai Nissan Kicks e-Power, di Proving Ground Karawang, Jawa Barat.

Meski tak bisa mengeksplore terlalu banyak, namun yang paling utama adalah merasakan torsi buas layaknya mobil listrik murni juga mencicipi handling dan teknologi one pedal yang disertakan Nissan pada Kicks e-Power.

Seperti diketahui, di atas kertas motor listrik EM57 yang digunakan Kicks untuk menggerakan roda memiliki tenaga sebesar 129 Ps atau 127 tk dan torsi yang cukup besar, yakni 260 Nm. Smeentara untuk mensin bensin tiga silinder 1.200 cc, tenaganya 79 Ps atau 77,9 tk serta torsi sebesar 103 Nm.

Baca juga: Ini yang Bikin Nissan Pede Jual Kicks e-Power di Indonesia

Tapi mesin bensin tersebut tak ikut serta menggerakan roda, fungsinya hanya dibutuhkan untuk menyuplai daya listrik ke baterai, alias menjadi genset yang kemudian dayanya ditransfer ke motor listrik.

Mesin Nissan Kicks e-PowerKOMPAS.COM/STANLY RAVEL Mesin Nissan Kicks e-Power

Setelah mendapat kunci, redaksi langsung masuk ke ruang kabin. Tak seperti kebanyakan mobil konvensional, tombol start-stop engine diletakan di konsul tengah dekat dengan tuas transmisi. Saat dihidupkan, tak ada getaran atau suara yang keluar dari ruang mesin, semuanya benar-benar senyap.

Tak butuh waktu lama, setelah mendapat posisi duduk yang pas di balik kemudi, tuas transmisi langsung digeser ke posisi D (drive) dan compact SUV seharga Rp 449 juta ini pun langsung melaju.

Dari putaran bawah, sudah terasa responsifinya, tanpa harus menekan pedal gas lebih dalam, mobil sudah melaju cukup cepat di posisi berkendara normal.

Baca juga: Lebih Dekat dengan Tongkrongan Nissan Kicks e-Power


Melewati tikungan landai yang lebar, kami coba injak pedal gas lebih dalam hingga menyentuh kecepatan 60 kpj, hasilnya Kicks e-Power cukup fun to drive lantaran tak ada gejalan limbung yang terasa.

 

Saat tiba di trek lurus, pedal gas kami coba tekan lebih dalam secara spontan, seketika tenaganya langsung melonjak dan mengantarkan kicks e-Power berlari lebih cepat.

Ini adalah salah satu kelebihan yang ditawarkan Nissan pada teknologi e-Power, yakni sensasi berkendara layakanya mobil listrik penuh dengan torsi yang galak di putaran bawah. Tak heran cukup mudah untuk Kicks menyentuh kecepatan 100 kpj dalam waktu yang singkat.

Test drive Nissan Kicks e-PowerKOMPAS.COM/STANLY RAVEL Test drive Nissan Kicks e-Power

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X