Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banyak yang Masih Keliru, Ini Beda Toyota Alphard dan Vellfire

Kompas.com - 03/09/2020, 15:21 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tidak sedikit pabrikan mobil yang merilis MPV premium guna memenuhi kebutuhan pasar yang menginginkan akomodir jumlah penumpang lebih banyak dan kabin lebih lapang.

Toyota salah satunya yang merilis dua model MPV mewah yakni Toyota Alphard dan Vellfire. Meski sekilas terlihat sama, namun sebenarnya ada beberapa perbedaan yang sesuaikan dengan segmen pengguna masing-masing.

Simak ulasan perbedaannya

Baca juga: Ini Efek jika Kendaraan Lawas Minum BBM Oktan Tinggi

- Dimensi

Toyota Vellfire 2018. Dok. TOYOTA ASTRA MOTOR Toyota Vellfire 2018.

Toyota Alphard dan Vellfire memang dibangun dari basis yang sama, jadi jangan heran kalau keduanya memiliki ukuran dan dimensi yang mirip.

Keduanya memiliki lebar 1.850 mm, tinggi 1.895 mm dan jarak sumbu roda 3.000 mm. Tapi, Alphard lebih panjang sedikit yaitu 4.945 mm, sementara Vellfire 4.935 mm.

- Mesin

Bicara soal mesin, Vellfire hanya dibekali dengan mesin 2.5 GA / T berkapasitas 2.494 cc dengan output sebesar 177 dk pada 6.000 rpm dan torsi maksimal 234 Nm pada putaran 4.100 rpm.

Sementara Toyota Alphard di bekali dengan empat macam tipe yaitu X, G, Q dan Hybrid. Khusus untuk yang tipe Q dibekali dengan mesin berkubikasi 3.456 cc berkonfigurasi silinder V6 (2GR-FKS) yang mampu menghasilkan tenaga 295 dk di 6.200 rpm serta torsi 360 Nm di 4.700 rpm.

Sedangkan untuk tipe lainnya (X,G,Hybrid) mengusung mesin yang sama seperti Vellfire.

- Eksterior

Toyota Vellfire 2018. Dok. TOYOTA ASTRA MOTOR Toyota Vellfire 2018.

Meski dibangun menggunakan sasis yang sama, keduanya mengusung karakter yang berbeda. Toyota Alphard didesain sebagi kendaraan luxury MPV dengan nuansa lebih dynamic formal, sedangkan Vellfire menampilkan nuansa lebih sporty, modern dan high tech.

Alphard memiliki grille yang lebih besar dengan aksen krom dan bilah vertikal, sementara Vellfire menggunakan grille dengan ornamen horizontal. Logo yang digunakan keduanya pun berbeda, Aplhar menggunakan logo khusus, sedangkan Vellfire menggunakan lambang Toyota biasa.

Pada bagian lampu utama atau headlights, Alphard memiliki desain tunggal. Berbeda dengan Vellfire yang terdiri dari dua bagan dengan bagian bawah menyesuaikan diri dengan alur grille.

Baca juga: Benarkah BBM Oktan Tinggi Bisa Tingkatkan Performa Kendaraan?

- Interior

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com