Daftar Gerai Samsat DKI yang Sudah Beroperasi Selama PSBB Transisi

Kompas.com - 03/09/2020, 14:01 WIB
Buku BPKB dan STNK KOMPAS.com/SRI LESTARIBuku BPKB dan STNK
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) DKI Jakarta kembali membuka pelayanan pajak kendaraan di gerai-gerai yang ada di sejumlah wilayah, termasuk pusat perbelanjaan.

Pembukaan ini menyusul diberlakukannya pelonggaran aktivitas di masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi, sejak beberapa waktu lalu.

Oleh karenanya, pemilik kendaraan yang hendak melakukan pembayaran pajak tahunan tidak perlu datang ke kantor induk. Mereka pun tak perlu mengantre lama karena pilihan lokasi yang cukup banyak.

Baca juga: Ini Syarat dan Biaya Resmi Penerbitan SIM C dan SIM A

Seorang warga memperlihatkan bukti pelunasan pajak kendaraan bermotor yang dibayar secara daring atau online dari rumah di Panarukan, Situbondo, Jawa Timur, Kamis (26/3/2020). Pembayaran secara online itu karena diliburkannya pembayaran secara langsung melalui Samsat untuk mencegah penularan Covid-19.ANTARA FOTO/SENO Seorang warga memperlihatkan bukti pelunasan pajak kendaraan bermotor yang dibayar secara daring atau online dari rumah di Panarukan, Situbondo, Jawa Timur, Kamis (26/3/2020). Pembayaran secara online itu karena diliburkannya pembayaran secara langsung melalui Samsat untuk mencegah penularan Covid-19.

"Gerai-gerai Samsat itu berada di beberapa pusat perbelanjaan atau mal dan kantor Kecamatan. Sedikitnya ada 15 titik pembukaan gerai ini," kata Plt Kepala Bapenda DKI Jakarta Edi Sumantri saat dihubungi Kompas.com beberapa waktu lalu.

Adapun waktu pelayanan pajak kendaraan di gerai tersebut ialah pukul 08.00 WIB - 14.00 WIB untuk yang berada di kantor Kecamatan dan 10.00 WIB - 14.00 WIB di gerai pusat perbelanjaan tiap Senin sampai Jumat.

Pelayanan di hari Sabtu dan libur nasional selama masa PSBB transisi ditiadakan. Seluruh wajib pajak diharuskan mengenakan masker dan jaga jarak saat pengurusan pajak kendaraan sebagai standar protokol kesehatan.

Baca juga: Simulasi Cara Perhitungan Pajak Kendaraan Bermotor

Samsat Drive ThruKOMPAS.com / Aditya Maulana Samsat Drive Thru

Berikut daftar Gerai Samsat yang sudah dibuka kembali;

Jakarta Pusat
1. Gerai Samsat Thamrin City
2. Gerai Samsat Kec Kemayoran

Jakarta Utara
1. Gerai Samsat Mal Artha Gading
2. Gerai Samsat Pluit Village
3. Gerai Samsat Kec Penjaringan

Jakarta Selatan
1. Gerai Samsat Mall Pelayanan Publik
2. Gerai Samsat Kec Pasar Minggu
3. Gerai Samsat Blok M Square
4. Gerai Samsat Mall Gandaria City

Jakarta Barat
1. Gerai Samsat Mall Taman Palem
2. Gerai Samsat Lippo Mall Puri
3. Gerai Samsat Kec. Kebon Jeruk

Jakarta Timur
1. Gerai Samsat Tamini Square
2. Gerai Samsat Grand Cakung Mall
3. Gerai Samsat Kecamatan Pulo Gadung

Syarat perpanjangan PKB antara lain tidak memiliki tunggakan pajak kendaraan bermotor lebih dari 1 tahun, membawa KTP asli dan fotokopi, membawa Bukti Pemilikan Kendaraan Bermotor (BPKB) asli dan fotokopi, serta membawa STNK asli dan fotokopi.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X