Benarkah BBM Oktan Tinggi Bisa Tingkatkan Performa Kendaraan?

Kompas.com - 03/09/2020, 11:12 WIB
Pemakaian pertamax menjadi bahan bakar andalan bagi para pemudik di Kepri. KOMPAS.com/HADI MAULANAPemakaian pertamax menjadi bahan bakar andalan bagi para pemudik di Kepri.
Penulis Ari Purnomo
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak cara dilakukan pemilik kendaraan bermotor, baik roda dua maupun roda empat untuk meningkatkan performa kendaraannya.

Selain memodifikasi bagian mesin, mengganti jenis bensin dengan nilai oktan yang lebih tinggi juga sering dilakukan.

Dengan penggantian jenis bahan bakar ini, dipercaya bisa mendongkrak jantung pacu kendaraan bekerja lebih optimal.

Mereka percaya bahwa BBM dengan oktan tinggi bisa membuat pembakaran di dapur pacu menjadi lebih sempurna.

Benarkah, menggunakan bensin dengan oktan lebih tinggi bisa meningkatkan performa mesin?

Baca juga: Ini Biaya Resmi Penerbitan STNK Baru

Executive Coordinator Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor ( ADM) Bambang Supriyadi menjelaskan, penggunaan oktan bbm menyesuaikan dengan kondisi mesin khususnya rasio kompresi kendaraan.

Mobil sedang mengisi bensin subsidi.Tribunnews/ Nurudin Mobil sedang mengisi bensin subsidi.

“Sebagai contoh rasio kompresi 1:10 keatas paling efektif memakai bbm ron di atas 90,” ujar Bambang kepada Kompas.com, Rabu (2/9/2020).

Dengan adanya penyesuaian kompresi tersebut, Bambang mengatakan, penggunaan jenis bensin yang tidak sesuai atau lebih tinggi oktannya justru akan berdampak buruk.

“Efeknya akan ada sisa bahan bakar yang tidak terbakar kemudian mengendap dan jadi kerak karbon diruang bakar,” katanya.

Baca juga: Catat, Ini Syarat dan Alur Urus STNK Hilang

Suparna, Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak, mengatakan hal yang sama. Menurutnya, ada efek buruk saat kendaraan menggunakan BBM yang tidak sesuai dengan yang direkomendasikan dari pabrikan.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X