Pahami Empat Kode Dasar Saat Touring Motor

Kompas.com - 26/08/2020, 14:21 WIB
Kode dasar saat touring menggunakan motor bersama rombongan IstimewaKode dasar saat touring menggunakan motor bersama rombongan

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi sebagian besar komunitas motor, berkendara jarak jauh alias touring beramai-ramai menjadi salah satu agenda yang wajib dilakukan. Namun, dalam touring berkelompok ada etika yang perlu diketahui saat di perjalanan.

Saat touring bersama pencinta motor lainnya, pengendara wajib mengetahui beberapa hal, seperti kode atau sandi-sandi dalam touring bersama rombongan. Tujuannya, agar dapat tetap berkomunikasi tanpa mengganggu konsentrasi.

Baca juga: Pilihan Motor buat Touring, dari yang Murah sampai Mahal

“Ada beberapa sandi dasar ketika berkendara yang aman jika para biker melakukan perjalanan lebih dari 1 motor atau grup, agar perjalanan aman dan nyaman serta tidak mengganggu pengguna jalan lain,” ujar Ludhy Kusuma, Safety Riding Development Section Head PT Daya Adicipta Motora (DAM), dalam keterangan resminya.

Kode dasar saat touring menggunakan motor bersama rombonganIstimewa Kode dasar saat touring menggunakan motor bersama rombongan

Selain itu, hal lain yang disarankan adalah fokus dan tetap memberikan sandi-sandi aman berkendara di jalan raya. Tujuannya, agar anggota atau rekan saat konvoi bersama bisa menghindari jalan rusak atau berada di jalur yang benar.

“Hal ini dilakukan biasanya dilakukan oleh Road Captain yang merupakan pengendara sepeda motor yang memimpin perjalanan touring,” kata Ludhy.

Baca juga: 3 Motor Sport Touring Berjantung 6-Silinder

Ludhy menjelaskan, tugas dari Road Captain adalah memberikan informasi kepada para anggota lainnya, seperti untuk menghidupkan mesin, adanya jalan berlubang ketika di perjalanan, memberikan isyarat berbelok, dan berhenti perlahan.

Berikut beberapa kode atau isyarat dasar saat touring bersama rombongan:

1. Menghidupkan Mesin

Road Captain memberikan sandi dengan cara mengangkat dan mengepalkan tangan kiri bersamaan dengan memutar jari telunjuk. Hal ini mengisyaratkan kepada rombongan untuk menghidupkan sepeda motornya.00

2. Jalan Berlubang

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X